6 Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak Pada Mobil Anda

10

Dinilai dari manfaatnya, aki merupakan sebuah komponen yang tidak bisa terlepas dari penggunaannya. Baik itu digunakan untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Pada dasarnya aki juga memiliki dua tipe yakni aki tipe kering dan aki tipe basah. Namun meskipun berbeda kedua komponen tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang sama.

Terlepas dari manfaat yang ada pada dua jenis aki tersebut. Ada hal yang perlu diperhatikan dengan benar. Salah satunya yang patut diperhatikan yakni perawatan ataupun harus mengetahui cara perbaikan aki tersebut.

Bila saat ini anda menggunakan aki basah. Ada baiknya mengetahui cara memperbaiki aki basah yang mulai soak. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum mengatasi aki basah yang soak

  • Siapkan air aki. Air aki ini sedikit berbeda bila ingin digunakan saat mengisi ulang aki. Namun air aki yang dimaksudkan untuk mengganti air aki sebelumnya. Air aki ini biasanya berwarna merah pada kemasan atau pada bagian tutup.
  • Siapkan perangkat lainnya berupa obeng plus. Hal ini nantinya dipakai untuk membuka setiap tutup aki
  • Persiapkan juga sarung tangan. Hal ini termasuk pada bagian safety
  • Persiapkan juga air panas
  • Selanjutnya sediakan corong berukuran sedang, yang mana nantinya akan dipakai untuk menuangkan air aki.

Cara memperbaiki aki basah dalam keadaan soak

Setelah mempersiapkan peralatan yang akan digunakan. Selanjutnya masuk pada tahap perbaikan. Tahap yang dimaksudkan sebagai berikut ini:

  1. Pertama lepas semua kabel yang menempel pada aki. Kemudian selanjutnya angkat aki dari tempatnya
  2. Buka semua tutup yang ada pada knop. Membukanya menggunakan obeng yang sudah disediakan sebelumnya
  3. Selanjutnya buang air aki yang masih berada di dalam aki. Ada baiknya membuang air aki pada sebuah wadah. Tujuannya agar nantinya bisa dibuang pada tempat yang aman.
  4. Tahap selanjutnya memasukan air panas yang sudah disediakan tadi. Namun pastikan air aki sudah benar-benar habis saat dibuang. Masukkan air panas tersebut menggunakan corong yang sudah dipersiapkan sebelumnya juga.
  5. Bersihkan dalam aki dengan menggoyangkan aki. Kemudian buang air bekas tersebut. Lakukan hal ini berulang kali sampai air tidak berwarna keruh lagi. Minimal sudah mendekati jernih.
  6. Selanjutnya bila aki sudah di cuci bersih. Segera masukkan air aki yang sudah disediakan sebelumnya. Perhatikan standard yang sudah ditetapkan pada aki saat pengisian dengan air aki baru. Jangan sampai melebihi batas yang sudah ditetapkan. Batas dari pengisian air aki biasanya ditandai dengan garis, yang mana sudah tersedia pada bagian luar air aki.

Beberapa langkah diatas yang bisa anda lakukan bila mengalami aki basah dalam keadaan soak. Perbaikan seperti ini bisa anda lakukan lagi nantinya bila memang di kemudian hari mendapatkan permasalahan yang sama.