6 Cara Diet yang Sering Diabaikan Kebanyakan Orang

44

Tubuh manusia pada umumnya akan terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan asupan makanannya yang masuk ke dalam mulutnya. Kegemukan menjadi momok dan hal yang paling menakutkan bagi sebagian orang, karena kegemukan dapat menyebabkan dirinya tidak dapat bergerak bebas dan terlihat aneh ataupun buruk di depan orang lain.

Sebenarnya kegemukan adalah hal yang wajar terjadi, karena kandungan dari asupan makanan yang kita makan. Namun, jika kegemukan itu di luar batas kewajaran, ini yang menjadi bahaya dan butuh perhatian yang khusus.

Untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa membuat tubuhmu ideal tanpa khawatir gemuk, berikut ulasannya.

1. Buah-buahan

Bagi para wanita, kegemukan adalah suatu hal yang harus dihindari. Bahkan dari mereka ada loh yang sampai diet ketat bahkan sampai jatuh sakit. Diet seperti ini salah girl dan ini justru akan menyiksa tubuhmu. Cobalah kamu mulai mengganti cemilanmu dengan buah-buahan. Selain mengandung vitamin dan serat, mengkonsumsi buah dapat memenuhi kebutuhanmu. Untuk mengkonsumsinya pun cukup mudah, kamu bisa memakannya langsung atau kamu juga bisa mengolahnya dalam bentuk salad buah, jus, smoothy, puding dan lainnya.

2. Umbi-umbian

Cobalah ganti makanan berat seperti nasi dengan porsi yang kecil dan diganti dengan umbi-umbian seperti kentang, ubi, singkong. Hal ini terbukti efektif loh, karena seperti kita ketahui umbi-umbian menjadi sumber karbohidrat juga untuk tubuh. Untuk mengolah umbi-umbian sendiri, kalian bisa kok mengolahnya dengan cara direbus.

3. Beras merah atau gandum

Beberapa orang yang diet mencoba mengganti nasi putih yang biasa dimakan banyak orang dengan nasi merah atau gandum. Nasi merah sendiri memiliki kandungan berupa vitamin yang baik untuk tubuh. Sedangkan untuk gandum sendiri, memiliki kandungan karbohidrat yang sama dengan nasi putih.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Direbus atau Dibakar

Beberapa orang yang diet mencoba memakan makanan dengan cara direbus atau dibakar, hal ini mereka lakukan dengan tujuan untuk mengurangi lemak yang nantinya dapat menumpuk di dalam tubuh.

5. Sayur

Beberapa orang yang diet juga memilih mengkonsumsi sayur untuk program diet mereka. Kalau ini jadi kebiasaan baik, karena sayur sendiri memiliki vitamin, mineral, dan juga serat yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengolah sayur pun beragam, bisa dibentuk seperti lalapan, sayur matang, ataupun dibentuk lainnya sesuai selera.

6. Kurangi Makan Santan

Untuk kamu yang sedang diet, cobalah kurangi makanan yang mengandung santan. Karena santan sendiri kurang baik diterima tubuh.

Itu dia beberapa olahan makanan yang bisa kamu konsumsi ketika diet. Jadi sudah nggak ada alasan lagi ya, diet itu susah ataupun sulit. Sebenarnya mudah atau sulitnya tergantung dari diri kita sendiri.