6 Cara Cepat Hafal Juz Amma Biar Bacaan Sholat Makin Mantap

49
Sumber gambar: arrahmah.com

Apakah kamu jenis orang yang bacaan sholatnya hanya surah dengan awalan Qul saja?  Jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang membaca surah yang itu-itu saja jika sholat, maka sebaiknya mulailah melakukan perubahan.

Sudah saatnya kamu menambah bacaan surah dalam sholat kamu supaya bacaanmu tidak itu melulu. Menambah hafalan surah memang terdengar berat, tapi kalau kamu sudah dapatkan trik yang tepat, maka dijamin kamu malah bakal ketagihan untuk menghafal.

Berikut adalah 7 cara cepat hafal juz amma supaya bacaan sholat makin mantap:

1. Kuatkan niat

Yang namanya mau perubahan itu harus dengan niat yang kuat. Seringkali orang hanya bersemangat di awalnya saja, tapi setelah beberapa lama kemudian, semangat pun kendor dan akhirnya hafalan berhenti begitu saja.

Kuatkan niat dan tekad bahwa kamu harus bisa menghafal surah lainnya agar sholatmu semakin mantap. Agar tidak bosan, mulailah dengan surah yang paling pendek agar mudah dihafal. Jangan memaksakan diri dengan awalan yang sulit.

2. Langsung terapkan dalam sholat

Setiap kamu selesai menghafal satu surah, langsung terapkan dalam sholat. Lakukan pergantian bacaan surah dalam setiap rakaat dan setiap sholat. Buat target untuk hafalan sholat kamu hingga kamu benar-benar bisa menghafal dan melafazkannya dalam sholat dengan lancar.

3. Unduh juz amma di gadget kamu

Saat ini banyak beredar berbagai aplikasi yang menyediakan bacaan dan hafalan juz amma lengkap. Bahkan beberapa diantaranya memiliki fitur suara yang bisa mempermudah kamu untuk menghafalnya. Kamu bisa semakin mudah untuk menghafalnya dimana saja dan kapan saja. Dengan kemudahan seperti ini, harusnya kamu semakin bersemangat dong.

4. Bangun tengah malam dan hafalkan lagi

Tengah malam adalah waktu yang tenang dan paling cocok untuk menghafal. Begitu pula dengam hafalan juz amma. Kamu bias meluangkan waktu sekitar 5 hingga 15 menit saja untuk menghafal sedikit.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan sholat tahajud untuk semakin memperlancar bacaan kamu. Tahajud juga menjadi waktu yang tepat dimana kamu bisa meminta kemudahan untuk menghafal.

5. Sisihkan waktu khusus

Selain bangun di tengah malam, ada baiknya jika kamu menyisihkan waktu khusus untuk menghafal. Setidaknya sisihkan satu jam saja khusus untuk menghafal setiap harinya. Lakukan hal ini setiap hari dengan rutin sehingga kamu akan terbiasa dengan hafalan dan akhirnya mampu untuk melafazkan dengan lancar.

6. Minta bantuan guru ngaji

Setiap kamu selesai menghafal, cobalah untuk menyetor bacaan kamu pada guru ngaji.  Pastikan bahwa hafalan kamu sudah benar semua. Jangan biasakan diri mempelajari Al-qur’an secara otodidak. Ingatlah bahwa tajwid yang salah juga akan berdampak pada pengertian  ayat tersebut. Carilah guru ngaji yang mampu mengoreksi kesalahan kamu agar bacaanmu lebih mantap.

Demikianlah artikel tentang cara cepat menghafal juz amma yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.