6 Barang-Barang Reusable yang Bisa Membantu Kamu Menghemat Pengeluaran Bulanan

22

Setiap orang pasti mempunyai anggaran belanja bulanan yang berbeda-beda, terlebih jika dalam keadaan jauh dari orang tua yang mau tidak mau kita dipaksa melakukan semuanya sendiri termasuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Walaupun terkadang, antara pengeluaran dan pemasukan tidak seimbang jalannya.

Tentu menjadi pr bagi kita agar dapat mengaturnya dengan sebaik mungkin. Yuk, simak! Barang- barang berikut ini dapat membantu kamu dalam menghemat jatah bulanan loh. Apa aja sih?

1.Kotak Makan

Semua orang pasti tidak asing dengan benda yang pertama ini ya, karena sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semuanya sadar dan mau menggunakannya secara terus menerus. Padahal bisa sangat membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran makan setiap hari.

Ketika keluar rumah dengan membawa bekal kamu bisa berhemat hingga Rp 30.000 perhari. Atau jika tidak sempat masak makanan untuk dibawa ke kantor dan kampus kamu bisa menyiapkan nasi putih lalu mampir ke warung kecil untuk membeli lauk sebagai teman makan.

Cukup sederhana dan tidak ribet kan berkat bantuan kotak makan. Dengan begitu, tidak perlu mengantri di kantin untuk menyantap makan siang sewaktu istirahat. Jika di total secara keseluruhan bisa mengurangi pengeluaran uang makan hingga Rp 900.000 setiap bulannya loh.

2. Botol Minum

Selanjutnya botol minum, benda ini juga cukup familiar dikalangan kita. Tapi masih banyak yang belum sadar pentingnya peran botol minum. Masih banyak yang berfikiran ribet lah, menuh-menuhin tas lah. Hem, lebih ribet lagi kalo kamu ngalamin dehidrasi secara mendadak dan kamu gak punya cadangan air minum sama sekali. Hayo pilih mana.

Selain untuk alasan kesehatan, membawa air minum dari rumah bisa menghentikan pengeluaran uangmu untuk beli minuman kemasan dipinggir jalan nih. Kalau harga air mineral paling murah Rp 5000 itu artinya kamu bisa menyimpan Rp 150.000 dari gaji kamu setiap bulannya.

3. Menstrual Pad

Khusus kaum hawa, menstrual pad bisa menjadi alternative pengganti pembalut sekali pakai loh. Setelah beralih ke menstrual pad kamu tidak perlu lagi membeli pembalut sekali pakai setiap bulannya. Kamu cukup membeli beberapa buah menstrual pad yang selanjutnya bisa digunakan berulang kali.

4. Tote Bag

Saat ini, beberapa tempat perbelanjaan di Indonesia sudah mulai memasang tarif untuk mendapatkan kantong plastik sebagai tempat menaruh belanjaan. Meskipun harga yang harus kita bayar masih terbilang sangat murah tidak sebanding dengan dampaknya, Dari hal ini seharusnya kita sadar tidak semua barang harus kita beli.

Seperti kantung plastik, kenapa tidak kita ganti saja dengan tote bag yang ada dirumah sebagai tempat barang-barang belanjaan yang kita beli. Selain ramah lingkungan karena tidak menimbulkan sampah baru, kamu bisa menstop uang pembayaran kantong plastik agar masuk ke celengan daripada selalu membayar kantung plastik di pusat perbelanjaan.

5. Blender Portable

Buah dan sayur merupakan makanan wajib penunjang kesehatan bagi tubuh kita. Dan terdapat banyak sekali macam-macam olahan sayur maupun buah salah satunya yaitu jus. seringkali kita mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan satu gelas jus.

Tidak ada salahnya karena memang tidak seharusnya kita bersikap perhitungan dalam hal kesehatan untuk diri sendiri. Tapi, saat ini sudah ada blender portable dengan harga ekonomis kita bisa sesering mungkin membuat olahan buah dan sayur dalam bentuk jus. Yang tentunya menjadi lebih praktis kan.

Selain itu, kelebihan dari blender ini kita tidak membutuhkan listrik untuk menggunakannya. Hanya perlu di charge untuk menambahkan daya. Wah sudah hemat uang, sehat dan hemat listrik lagi.

6. Kain Lap

Benda yang satu ini bisa kita gunakan sebagai pengganti tisu sekali pakai nih. Kalau biasanya kita menghabiskan beberapa pack tisu dalam satu bulan, mulai sekarang kita hanya perlu menyiapkan beberapa kain lap sebagai gantinya. Yang penting tetap rutin mencucinya ya. Dengan begini kamu bisa menyisihkan budget pembelian tisu untuk keperluan yang lain kan.

Yuk, mulai beralih dari barang sekali pakai ke barang-barang yang lebih ramah lingkungan. Jika belum terbiasa, bisa dimulai dari yang paling sederhana dulu seperti membawa botol minum setiap berpergian. Semua yang besar diawali dari yang kecil.

Dengan mengurangi penggunaan barang-barang sekali pakai, itu berarti kita telah ikut andil memperbaiki kondisi lingkungan kita loh. Karena secara tidak langsung kita juga mengurangi jumlah sampah yang berpotensi untuk berakhir di tempat pembuangan akhir. mari mulai sayangi bumi kita dimulai dari menyayangi diri sendiri.