6 Alasan Tidak Boleh Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan

32
makanan manis

Siapa yang tidak menyukai makanan manis? Pasti rata-rata suka bahkan sangat suka. Rasanya yang legit bahkan dipercaya mampu mengobati stress menjadi makanan bercita rasa manis sering diburu banyak kalangan. Apalagi dengan variannya yang bermacam-macam. Mulai dari berbagai minuman seperti kopi, soft drink, dan lain sebagainya. Ditambah lagi dengan bermunculan berbagai trend macam-macam makanan penutup yang lezat dan menggugah selera.

Namun tahukah kamu, ternyata mengonsumsi makanan manis tidak baik jika berlebihan. Dalam sebuah artikel kesehatan disebutkan bahwa sebaiknya kita mampu membatasi diri mengonsumsi makanan manis maksimal 10 persen dari semua total makanan yang dikonsumsi dalam sehari.

Padahal tak bisa dipungkiri setiap waktu kita mengonsumsi makanan kebanyakan mengandung gula. Gula dapat dijumpai dalam segala jenis makanan mulai dari nasi dan lain sebagainya. Berikut ini adalah ulasan yang membahas resiko kesehatan apa saja yang dapat terjadi jika mengonsumsi gula berlebihan:

1. Dapat meningkatkan Kegemukan

Makanan manis yang mengandung banyak gula termasuk jenis makanan yang tinggi kalori. Yang perlahan-lahan akan membuat tubuh melebar dan membesar tanpa disadari. Itu sebabnya, banyak ahli gizi yang menyarankan sebaiknya saat melewati program diet lebih baik menghindari makanan yang mengandung gula secara berlebihan.

2. Meningkatkan kolesterol

Terlalu mengonsumsi gula juga dapat menyebabkan resiko kolesterol tinggi. Ini dikarenakan saat tubuh dimasuki dengan gula yang cukup banyak dan gula tersebut ternyata tidak diperlukan dalam tubuh, gula tersebut berubah menjadi lemak.

3. Gigi Berlubang

Salah satu yang sering dialami karena mengonsumsi makanan manis adalah masalah pada mulut dan gigi. Terlebih ketika setelah makan makanan manis tidak menggosok gigi. Sisa gula yang bersarang di sela-sela gusi tersebut siap aktif membuat gigi berlubang.

4. Jerawat

Ternyata juga berdampak pada kecantikan juga lho sahabat dori, jika mengonsumsi gula berlebih makanan manis memiliki indeks glikenik tinggi yang dapat memiliki efek terhadap hormon sehingga rawan menimbulkan jerawat.

5. Diabetes militus

Diabetes militus atau gula darah atau kencing manis, penyakit ini juga merupakan penyakit yang diakibatkan oleh mengonsumsi makanan manis berlebihan dan tidak disertai dengan olahraga. Jika penyakit ini dibiarkan dapat beresiko menimpulkan komplikasi pada tubuh  mulai dari serangan jantung, gagal ginjal sampai kebutaan

6. Penuaan dini

Semua orang pasti ingin memiliki kulit yang segar dan awet muda bukan? Namun jangan berharap banyak jika ternyata kamu mengonsumsi makanan tinggi gula secara berlebihan. Asupan gula yang terlalu banyak dapat mengakibatkan kulit kusam, kendur dan keriput lebih cepat hal ini disebabkan karena gula dapat menempel pada protein-protein di kulit seperti kolagen dan elastin, yang berakibat menurunkan kadar antioksidan pada tubuh.

Sahabat dori, itulah daftar resiko kesehatan yang diakibatkan karena mengonsumsi gula secara berlebihan. Oleh karena itu, sebelum terlambat cintai tubuhmu dan atur pola makanmu.