50 Persen Pasien Virus Corona di China Dinyatakan Sembuh

15

Beijing, 03 Maret 2020 – Kasus virus corona di China menurun, bahkan dinyatakan sebanyak 50 persen pasien China dinyatakan sembuh. Hal ini tentu berita yang sangat membahagiakan bagi  seluruh umat manusia di dunia. Rumah Sakit darurat pun tidak terlalu sibuk lagi. Berkaitan dengan hal ini pemerintah setempat juga menyebutkan  ratusan pasien yang sebelumnya dirawat intensif sudah dinyatakan sembuh dandiizinkan pulang.

Namun berbeda situasinya dengan wilayah di luar negara China, salah satunya di Indonesia yang sudah diumumkan terdapat dua WNI terinfeksi virus corona berstatus positif. Bahkan WHO yaitu organisasi kesehatan dunia menyebutkan kasus virus corona meningkat hingga 9 kali lipat di luar negara China. Hal ini tentunya harus dijadikan sebagai peringatan bagi setiap negara terhadap perkembangan virus corona.

Hari ini sebanyak 202 kasus orang terinfeksi virus corona telah dicatat oleh pemerintah China. Jumlah 200-an ini dinyatakan sebagai jumlah yang paling rendah dari tanggal 21 Januari yang lalu. Sedangkan di Wuhan yang disebut pusat virus corona menyebar, terdapat laporan sudah ada sebanyak 2.570 orang yang dinyatakan sembuh.

Hal ini memberi pengaruh baik bagi rumah sakit darurat yang dibangun di China dengan sangat cepat itu, tingkat kesibukan menjadi lebih berkurang. Sehingga para dokter termasuk petugas medis tingkat khawatirnya menurun dengan pasokan obat, pakaian pelindung hingga pasokan peralatan. Keadaan ini membuat kepanikan dari penyakit karena virus corona ini menjadi berkurang dengan drastis.

Seiring berkurangnya kasus baru virus corona, pasien yang sudah lebih dulu terinfeksi virus corona pun sudah banyak yang sembuh. Hal ini tentu meringankan beban para petugas medis dan dokter. Bahkan dr. Zhang Junjian sebagai kepala rumah sakit semenara yang berada di Wuhan optimis rumah sakit tersebut akan segera tutup karena jumlah pasien virus corona yang awalnya sangat banyak  sedikit demi sedikit sembuh dan dinyatakan sudah bisa pulang.

Berdasarkan terkini, di China sudah ada sebanyak 80.144 pasien virus corona dimana  sebanyak 47.153 dari jumlah tersebut dinyatakan sembuh dan sebanyak 2.944 dilaporkan meninggal dunia. Sedangkan di Korea Selatan sebanyak 4.335 positif virus corona, dan sudah ada sebanyak 30 pasien yang sembuh dan 28 pasien meninggal dunia.

Beralih ke Italia yang kini menjadi pusat penyebaran virus corona  di Benua Eropa. Dilaporkan sebanyak 2.306 penduduk positif corona, sedangkan yang sembuh sebanyak 149 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 52 orang. Sedangkan di kawasan Asia Barat, terutama Iran sudah ada 1.501 orang yang terinfeksi virus corona.