5 Ungkapan Ini Sangat Berpengaruh Pada Anak

18

Orang tua memiliki peranan dan pengaruh besar untuk buah hatinya. Orang tua memiliki harapan besar kepada anak-anaknya agar dapat tumbuh dan terus berkembang mengasah kemampuannya hingga membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

Tentunya harapan orang tua itu tidak bisa terwujud begitu saja, melainkan ada beberapa cara dan pembiasaan yang dilakukan orang tua agar harapannya dapat tercapai.

Salah satu cara yang tepat untuk membentuk tumbuh kembang anak agar dapat menjadi pribadi yang diharapkan adalah dengan membiasakan mengatakan dan memperdengarkan kalimat-kalimat positif yang bisa dipahami anak. Mau tau apa saja kalimat-kalimatnya ? Ini dia ulasannya.

  • Wah anak ayah atau bunda hebat

Ayah bunda sebagai orang tua dari buah hati kalian. Nggak ada salahnya kok kalau kalian memberikan pujian sederhana kepada anak-anak kalian. Berikan pujian positif agar mereka terus mengasah kemampuan yang dimilikinya. Jangan pelit-pelit ataupun ragu untuk memuji kehebatan anak. Kalau bukan kita siapa lagi ?

  • Aku akan mendengarkanmu

Bunda ayah cobalah luangkan waktu untuk mendengar kegiatan harian anak kalian. Mereka hanya ingin menceitakan sedikit tentang kehebatan dan kegiatan mereka di luar rumah tanpa kalian.

Bagi mereka dengan kalian meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita mereka adalah hal yang menakjubkan dan bisa jadi reward untuk mereka.

  • Aku minta maaf

Bunda ayah pernahkah kalian meminta maaf di depan anak kalian perihal kesalahan yang pernah kalian buat di hadapan anakmu ? Tentunya jarang atau bahkan nggak pernah sama sekali ya. Ayo jujur.

Nah ayah bunda, sebenarnya kata maaf yang keluar dari mulut orang tua sebenarnya bukanlah suatu yang hina atau menjatuhkan harga diri orang tua lho. Kata maaf sebenarnya lumrah diucapkan oleh siapapun ketika diri seseorang berbuat salah.

Untuk ayah bunda nggak ada salahnya kok, meminta maaf atas kesalahan yang kalian perbuat. Toh dengan membiasakan diri untuk mengakui kesalahan adalah bentuk pembiasaan yang baik untuk anak.

  • Terima kasih

Ayah bunda pernahkah kalian membiasakan diri mengucapkan rasa terimakasih kepada anak kalian sendiri ? Jika sudah, tetap lanjutkan ya ayah bunda. Jika belum, yuk biasakan mulai sekarang.

Nyatanya dengan membiasakan diri mengucapkan rasa terima kasih, anak merasa dirinya dihargai oleh orang tuanya.

  • Ayah bangga denganmu nak

Ungkapan kata “kami bangga padamu nak” adalah kata yang paling menyentuh untuk anak. Wajar saja kata-kata ini seakan sihir yang membuat hati anak tersentuh dan termotivasi untuk terus mengembangkan kemampuannya.

Kira-kira ayah bunda sudah membiasakan kalimat yang mana ? Lalu bagaimana melihat ekspresi anak anda ketika anda mengatakan beberapa kalimat di atas, adakah ekspresi yang belum pernah anda lihat ?

Mungkin menurut kita ini kalimat sepele ya, nyatanya bagi anak-anak kalimat ini luar biasa dan sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang mereka. Semoga bermanfaat