5 Trik Jitu Mengelola Keuangan yang Pas-Pasan!

46

Mengelola keuangan apalagi yang pas-pasan bukan perkara mudah. Selain perlu ketelitian lebih, kamu juga harus melakukan banyak penyesuaian. Keuangan yang pas-pasan bukan berarti tidak mungkin untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup, kamu hanya perlu melakukan semuanya dengan bijak.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tips jitu dalam mengatur keuangan yang serba pas-pasan:

1. Buat catatan keuangan

Baik keuangan yang surplus, defisit, atau pas-pasan, semuanya membutuhkan catatan keuangan yang baik. Catatan keuangan yang baik akan sangat membantu dalam mengelola dan mengendalikan keuangan.

Catatan keuangan juga memudahkan kamu untuk mengecek akun mana saja yang bisa ditekan pengeluarannya sehingga memungkinkan kamu untuk menambahkan saldo pada akun lain. Kamu juga akan lebih mudah mengatur keuangan untuk ke depannya. Mulai dari perencanaan liburan, pendidikan, hingga pembelian aset.

2. Menahan selera

Langkah selanjutnya adalah menahan selera. Keuangan yang pas-pasan pastinya harus membuat kamu mengikat pinggang lebih kencang. Kamu harus bisa menahan selera apapun itu yang tidak begitu dibutuhkan. 

Pastikan kamu tidak menghabiskan uang hanya untuk berkumpul di kafe dengan pembicaraan yang tidak bermanfaat atau membeli gadget baru yang pastinya akan tidak booming lagi dalam waktu dekat. Pastikan juga kamu berada di sekitar orang yang mendukung kamu untuk hidup hemat dibandingkan memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup yang glamour dan boros.

3. Menabung

Meskipun keuangan pas-pasan, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menabung. Menabunglah secara rutin meskipun nilainya sedikit. Ingat kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Kamu bisa memulainya dengan menyisihkan sedikitnya 100 ribu tiap bulannya.

Tabungan yang kamu kumpulkan bisa digunakan untuk liburan yang mungkin sulit kamu dapatkan atau sebagai dana darurat jika memerlukan sesuatu. Untuk lebih memudahkan kamu dalam menabung, ada baiknya untuk membuka rekening lain yang memang khusus untuk tabungan, sehingga uang yang terkumpul di dalamnya akan lebih aman dan tidak terpakai.

4. Hindari hutang

Meskipun keuangan pas-pasan, sebisa mungkin hindari hutang. Hutang justru akan semakin membuat keuangan jadi semakin sulit. Jangan pernah mengajukan pinjaman jika bukan untuk sesuatu yang penting atau mendesak.

Hutang mungkin akan sedikit memberi kelonggaran keuangan di awalnya, namun lama kelamaan hanya akan mencekik keuangan kamu. Hindari pula penggunaan kartu kredit karena hanya akan membuat kamu semakin sulit mengatur keuangan.

5. Berburu promo dan diskon

Untuk menekan pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan beberapa tempat perbelanjaan. Promo dan diskon yang diberikan bisa membantu mengurangi pengeluaran. 

Namun pastikan pula agar berbelanja dalam batasan yang wajar. Jangan sampai kamu kebobolan hanya karena tergiur promo dan diskon yang ditawarkan. Ada baiknya jika sebelum melakukan belanja, kamu siapkan dulu daftar belanja yang akan kamu beli sehingga kamu bisa tetap mengendalikan diri meskipun sudah ngiler melihat promo dan diskon.

Itulah 5 tips jitu dalam mengelola keuangan yang pas-pasan. Keuangan yang pas-pasan tidak menjadi halangan dalam memenuhi kebutuhan selama semuanya dikelola dengan baik. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.