5 Tips Merawat Mobil Baru dan Bekas Agar Tetap Prima

12

Bagi anda yang baru membeli mobil baru atau mobil bekas, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu perawatannya dengan benar. Terutama bagi mereka yang baru memiliki mobil pertama kali, tentunya hal tersebut haruslah anda tahu bagaimana cara merawat dan pemeliharaan mobil.

Walaupun mobil anda tidak baru lagi, tapi hal tersebut tentunya harus lebih diperhatikan dibandingkan mobil baru. Mobil lama memang butuh perawatan yang ekstra, akan tetapi tidak ada bedanya dalam hal perawatan.

Mobil merupakan barang mewah yang tentunya tidak semua orang memilikinya. Untuk merawat mobil tersebut bisa anda lakukan sendiri tanpa harus ke salon mobil. Selain lebih puas membersihkan mobil sendiri, biaya pengeluaran pun bisa dikurangi. Buat anda yang memiliki mobil, berikut ini cara merawat mobil baru atau mobil lama anda agar tetap prima tanpa harus ke salon :

  • Ganti ban dan cek tekanan

Ban ibarat kaki untuk manusia berjalan secara seimbang, begitu pula dengan ban mobil. Cek rutin ban setelah pemakaian. Hal ini sangat penting demi keselamatan berkendara anda. Ganti ban sesuai dengan pemakaian, biasanya pemakaian ban mobil paling lama 3 tahun. Ban yang memiliki tekanan seimbang tentunya akan memberikan kenyamanan anda saat berkendara.

  • Bersihkan secara rutin

Setelah menggunakan mobil, ada baiknya anda rajin membersihkannya setelah pemakaian. Apalagi opel blazer memiliki warna mobil putih natural yang tentunya butuh extra dalam perawatannya.  Cuci mobil anda seminggu sekali saja. Untuk mencucinya, cucilah di tempat yang teduh jangan langsung mencuci di bawah sinar matahari.

  • Periksa Oli

Oli biasanya di ganti pada jarak 5000-10000 km dan jangan sampai telat. Jika sampai telat mengganti oli tentunya akan berdampak pada bagian mesin lainnya. Ciri-ciri oli yang sudah jelek dan harus di ganti yaitu oli yang memiliki serpihan-serpihan kecil di dalamnya dan juga terdapat kotoran.

  • Aki

Aki sangat penting untuk mesin, Pastikan air aki berada pada tingkatan antara garis pembatas atau tanda. Caranya, yaitu dengan cek mengukur ketegangan aki dengan penerapan voltmeter. Tapi, jika anda tidak bisa mengecek aki dengan seksama, ada baiknya anda ke bengkel untuk mengeceknya.

  • BBM

Untuk pengisian bbm atau bahan bakar minyak yang lewat pada batas merah, bisa membuat mesin mejadi mudah rusak dan bisa membuat tabung bbm menjadi kering dan cepat rusak. Untuk pengisiannya jangan sembaranga. Isilah bensin di pertamina yang tentunya bensin masih murni dan tidak di campur dengan bahan lainnya.

Gimana guys, mudah sekali buka merawat mobil tanpa harus ke salon. Jika hanya untuk mengecek dan mencuci mobil tentunya bisa anda lakukan sendiri. Tetapi untuk cek bagian mesin tentunya yang ahli yang mengeceknya.