5 Tips Mengatur Keuangan agar Lebih Bijak Menggunakannya

46

Akhir tahun tiba. Apakah resolusi yang anda tulis sudah terwujud? Apakah nominal dalam tabungan anda bertambah? Sudahkah anda mengkalkulasi pengeluaran anda selama satu tahun ini? Apakah anda sudah merancang kebutuhan anda untuk satu tahun ke depan? atau apakah anda tak melakukannya sama sekali?

Generasi millenial, bijaklah dalam pengeluaran! Kalimat itu sederhana, namun pertimbangkan sekali lagi. Mari kita menghitung kembali pengeluaran dan pendapatan kita selama satu tahun ini, terlebih untuk anda anak millenial. Banyak yang berpendapat bahwa kita anak millenial lebih sedikit kebutuhannya. Apakah pendapat itu benar? Anda sendiri yang tahu jawabannya.

Lalu apakah selama ini pengeluaran kita melebihi pendapatan kita? Coba kita hitung lagi pengeluaran terbesar kita di tahun ini. Pikirkan alasan apa yang melatarbelakangi anda membeli barang tersebut dan mari kita kalkulasi pengeluaran kita selama setahun ini dan kita evaluasi bersama.

Mari mengatur pengeluaran dengan cara berikut:

  1. Kalkulasi pendapatan dan pengeluaran kita selama dua tahun ini. Apakah ada perubahan selama dua tahun ini?
  2. Pertimbangkan kembali tentang kebutuhan yang kita perlukan, pastikan kebutuhan kita tertuliskan dalam kolom teratas pembelian.
  3. Olah anggaran belanja kita untuk satu tahun kedepan, hal ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengeluaran kita di tahun depan dan seberapa banyak nominal pendapatan kita.
  4. Menabung. Selain memenuhi kebutuhan, kita juga harus menyiapkan pengeluaran tak terduga. Bukan hanya untuk kebutuhan tak terduga, dengan menabung kita dapat semakin bijak dalam pengeluaran.
  5. Membuat resolusi. Puaskah kita dengan pendapatan saat ini? meningkatkan kapasitas adalah suatu kebaikan, dan menambah jumlah nominal pendapatan adalah kewajiban. Maka buat resolusi baru, yaitu pintu rezeki baru. Tulis hal apa saja yang dapat membuat pendapatan anda bertambah. jadikan itu resolusi.

Generasi millenial, mari bijak mengatur pengeluaran dan mulai menabung untuk masa depan!