5 Tips Jitu Memilih Laptop Gaming untuk Pemula

10

Bermain game dengan menggunakan ponsel atau smartphone memang bukan hal yang asing lagi. Namun meskipun banyak gamer yang menggunakan ponsel untuk bermain game kesayangannya, keberadaan laptop gaming ternyata masih sangat eksis di kalangan gamers.

Beberapa game memang akan lebih seru jika dimainkan dengan perangkat laptop. Namun tidak sembarangan laptop yang bisa digunakan untuk bermain game. Jika asal-asalan menggunakan laptop saat memainkan game bisa-bisa laptop kamu justru jadi korbannya. Bagi kamu yang masih bingung untuk memilih laptop gaming terbaik, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Perhatikan processor

Ketika memilih laptop gaming, hal yang paling penting adalah processor yang dimiliki laptop tersebut. Otak dari sebuah laptop gaming adalah processornya. Jika kamu menggunakan processor intel, maka pastikan bahwa laptop tersebut memiliki processor dengan label MQ ataupun HQ, misalnya i7-6700HQ. Untuk ukuran minimalnya adalah Intel Core i5. Sedangkan jika kamu menggunakan processor AMD, maka sebaiknya menggunakan A10 dan FX Series.

2. VGA

VGA juga sama pentingnya dalam laptop gaming. VGA akan sangat mempengaruhi kualitas grafis yang ditampilkan. Untuk ukuran minimal yang disarankan adalah Nvidia GT840. Namun lebih disarankan untuk menggunakan Nvidia GTX Series, seperti GTX970 dan GTX980. Sedangkan untuk VGA AMD sebaiknya menggunakan R7 230 atau R9 Series.

3. RAM

Random Access Memory atau RAM juga sangat menentukan kenyamanan dalam bermain game di laptop. Untuk keperluan gaming, sebaiknya pilih laptop gaming dengan RAM di atas 4GB. Namun game yang berat seperti GTAV, Watch Dog, MAX, dan sejenisnya membutuhkan RAM setidaknya minimal 8GB.

4. Media penyimpanan

Laptop gaming akan membutuhkan media penyimpanan yang cukup besar agar bisa berjalan dengan baik. Untuk bisa bermain dengan lancar, sebaiknya pilih media penyimpanan berupa HDD dengan kapasitas 1 TB atau 1000 GB. Hindari menggunakan laptop dengan SSD karena tidak maksimal dalam menyimpan memori.

5. Resolusi

Resolusi juga sangat mempengaruhi kenyamanan dalam bermain game. Untuk bisa bermain game dengan nyaman, sebaiknya gunakan laptop dengan resolusi FHD 1920×1080 dengan ukuran layar minimal 15.6 inch. Jika ingin mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih, gunakan layar dengan ukuran 17.3 inch.

Itulah 5 tips jitu memilih laptop gaming untuk pemula. Pastikan juga kamu memilih laptop yang sesuai dengan budget yang kamu miliki agar hobi gaming tidak mengganggu keuangan kamu.