5 Tips Jitu Kuliah Sambil Kerja

63

Kuliah merupakan rutinitas para mahasiswa dikampus masing – masing. Bahkan kuliah seringkali menjadi perbincangan dan tergolong susah karena sulit untuk segera lulus. Kesulitan lulus ini dikarenakan ujian hidup dan cobaan terus berdatangan.

Tapi jangan khawatir setiap hujan berakhir dengan keindahan kecuali banjir ya. Nah, kuliah itu membosankan benarkah ? Tenang ada yang memilih kuliah sambil kerja itu bagus. Mengurangi kebosanan dengan bekerja sambil kuliah tidak hanya bagus untuk keuanganmu tapi juga bagus untuk skill. Yuk cek tips kuliah sambil kerja !!!

1.Manajemen Waktu

Kesibukan para mahasiswa apalagi yang berkuliah di PTN ditambah organisasi tergolong lebih belajar dalam manajemen waktu. Manajemen waktu yang baik adalah semua pekerjaan tuntas tepat pada waktunya. Nah, kadang budaya telat masih ada.

Untuk itu kuliah sambil bekerja membantumu belajar mengatur waktu dengan baik. Apalagi sekarang persaingan kerja relatif kuat. Otomatis sebagai generasi millenial atau generasi Z harus siap untuk memasuki dunia kerja dengan bekal yang lebih baik. Bekal manajemen waktu masih menarik sampai saat ini.

2. Keluar dari Zona Aman

Yups, cobalah untuk keluaran dari zona aman. Bukan keluar dari zona nyaman ya tentunya. Maksud zona aman adalah kuliah tidak melulu tentang belajar bagi penulis juga tentunya. Kuliah adalah tempat dimana setiap orang mampu mengembangkap ilmu hard skill maupun soft skill. Memilih bekerja pada masa kuliah membuatmu tidak aman dalam belajar atau nongki bareng temen.

Namun, dengan keluar dari zona aman anda akan lebih mengenal kehidupan sesungguhnya. Kehidupan dimana bahwa nyari uang tidak semudah menghabiskan uang.

3.Prioritas

Menentukan apa yang menjadi prioritasmu itu merupakan hal terpenting. Memilih mana yang lebih penting dan lebih dulu diselesaikan membuatmu belajar bahwa hidup itu butuh prioritas. Bagi anda yang masih kuliah tentunya, kuliah adalah prioritas kedua setelah keluarga dan prioritas ketiga adalah bekerja.

Jangan sampai karena fokus bekerja, malah jadi mahasiswa abadi !!! Lulusin ayo berjuang bareng penulis, karena lulus buat kita merasa lebih bebas dalam menentukan pilihan.

4.Lingkungan pergaulan

Lingkungan pergaulan menentukan bagaimana semangat orang terbentuk. Memiliki pergaulan positif akan mengurangimu dari semua hal buruk mulai dari keadaan yang tidak diinginkan, teman yang menyakiti, atau bahkan toxic lainnya.

Pilihlah pergaulan yang baik, karena anda akan lebih berkembang dan powerfull saat bersama teman daripada sendirian. Selain itu juga anda perlu menyadari bahwa banyak orang yang peduli dan mendukung pilihan anda apalagi kuliah sambil kerja

5.Perhatikan Tujuan

Tujuan itu perlu, karena dengan tujuan anda akan sampai disuatu tempat. Namun, apabila anda bingung anda tidak akan pernah sampai ketempat apapun. Tentukan tujuan anda kuliah sambil kerja. Sebab, kuliah sambil kerja itu tidak mudah. Capeknya kerja itu juga luar biasa belum lagi tugas kuliah.

Untuk itu menemukan tujuan kuliah atau tujuan bekerja membantu anda dalam menentukan arah melangkah. Seperti akan bekerja di tempat seperti apa dan lingkungan bagaimana

Setiap orang menginginkan kehidupan yang mengalami peningkatan. Terus maju walau takut itu solusi, tapi usahakan tidak memaksakan diri. Karena anda itu berharga bagi orang orang yang menyayangi anda.

Menjadi generasi muda yang bermanfaat bagi bangsa itu keinginan mulia. Kuliah sambil kerja nggak ada salahnya. Kalau kata atta halilitar hastag bukan duit orang tua.