5 Tips Cerdas Memasarkan Produk agar Laku Keras dan Dikenal Banyak Orang

28
promosi-produk

Menjalani sebuah bisnis memang ada senang dan dukanya tersendiri. Namun bisnis adalah sebuah seni. Membuka usaha memang bukanlah hal mudah. Namun jika diimbangi dengan kesungguhan pastilah akan mempermudah diri sendiri mencapai target dan mendatangkan keuntungan. Bila kamu masih ragu dan kesulitan untuk memasarkan produkmu. Ikuti Tips ini cara cerdas pemasaran produk agar laku keras dan dikenal banyak orang:

  • Mengetahui sasaran konsumen

Langkah pertama yaitu harus bisa menentukan target pemasaran produk atau jasa yang di jual. Dengan mengetahui kepada siapa produk di tujuan dengan begitu akan mempermudah menentukan lokasi pemasaran serta harga jual sesuai dengan daya beli konsumen yang menjadi sasaran. Cara menentukannya mudah, yaitu dengan menggunakan bantuan riset dan wawancara kepada narasumber yang kredibel.

  • Memiliki keunikan produk agar beda dengan lainnya

Yang kedua yaitu harus bisa memunculkan nilai keunikan tersendiri pada produk yang akan di jual. Agar bisa menarik minat konsumen. Kebanyakan konsumen akan lebih mudah bosan dengan produk yang sudah banyak di pasaran. Itu sebabnya, owner harus bisa kreatif sehingga bisa memunculkan inovasi baru. Tapi, dengan catatan keunikan tetap diimbangi dengan kualitas ya.

  • Memberikan pelayanan terbaik

Yang menjadi penentu layak tidaknya produk diminati untuk kedua kali yaitu pelayanan dan kualitas yang diberikan penjual kepada pembeli. Pembeli akan berpikir berkali-kali untuk mengonsumsi produk yang kamu tawarkan. Itu sebabnya, kualitas adalah yang utama. Jangan main-main dengan kualitas, penjual harus konsisten dengan kualitas yang sudah di tawarkan selama promosi dan selanjutnya.

  • Logo menarik pada produk

Yang membuat produk mudah dikenali dan diingat adalah salah satunya dengan logo produk yang sudah diedarkan di pasaran. Agar produk beda dengan yang lain dan semakin menarik, tips yang harus dilakukan adalah dengan mendesain logo semenarik mungkin. Logo berfungsi sebagai gambar yang mewujudkan produk yang di jual. Tidak masalah jika logonya sangat berbeda dari pada umumnya, justru yang orisinil dan berbeda yang lebih muda mengesankan. Jika saja masih kesulitan membuat logo silahkan memilih simbol-simbol gambar, huru atau tulisan yang mewakili nama produk. Agar lebih menarik.

  • Promosikan produk dengan bantuan influencer

Pastinya sudah tidak asing di telinga kita dengan kata yang satu ini. Yah “influencer”. Yaitu publik figur yang memiliki pengikut yang cukup banyak dan jasanya digunakan oleh kebanyakan orang untuk memperkenalkan produknya agar terkenal di khalayak ramai.

Boleh saja jika untuk memperkenalkan produkmu kamu menggunakan jasa influencer. Agar brand yang kamu jual bisa terkenal dan menarik minat pembeli. Meskipun sedikit merogoh rupiah untuk menyewa jasa influencer, tidak masalah toh akan mendatangkan keuntungan berlipat jika minat pembeli turut naik.

Itulah beberapa tips cerdas pemasaran produk agar laku keras dan dikenal banyak orang semoga bermanfaat.