5 Tips Aman Melewati Polisi Tidur Bagi Pengendara Motor

15
Tips aman melewati polisi tidur

Anda sering melintasi jalan yang dipasangi polisi tidur? Biasanya sering kita jumpai jika melintas memasuki gang dan jalanan kecil di dalam perumahan atau permukiman. Fungsinya memang bagus agar kendaraan yang lewat tidak asal ngebut yang membahayakan penduduk sekitar jalan itu.

Akan tetapi, dibalik keampuhannya membuat pengendara melaju pelan, ada kalanya kita menemukan polisi tidur yang dibuat terlalu tinggi atau terlalu rapat bahkan ada yang seperti asal jadi. Kalau pemotor melibasnya secara asal-asalan bisa berakibat merusak suspensi dan mesin motor.

Dalam kondisi tertentu bahkan malah jadi sumber pemicu terjadinya kecelakaan tunggal. Mari ikuti tips berikut ini agar motor tetap aman saat melibas si polisi tidur.

1. Selalu Waspada dan Fokus

Pengendara mesti selalu menanamkan kewaspadaan tinggi saat mulai masuk area permukiman. Pandangan fokus ke depan karena polisi tidur tanpa tanda garis putih bisa tiap saat menghadang. Kadang tidak terlihat dalam kondisi gelap dan minim pencahayaan.

2. Kurangi Kecepatan Saat Melintasi Polisi Tidur

Kalau pemotor selalu bersikap waspada dan fokus pasti akan bisa mengurangi kecepatan sebelum motor yang dikendarai mencapai polisi tidur.

Hindari mengerem dadakan saat ban sudah melindas polisi tidur, anda bisa selip karena mengalami guncangan. Kerasnya hantaman ban mengenai polisi tidur sering membuat jatuh pengendara.

3. Perhatikan Ground Clearance Motor Anda

Motor matic umumnya memiliki ground clearance lebih rendah daripada motor manual. Pengendara matic harus memperhitungkan tinggi rendah kolong motornya saat akan melewati polisi tidur. Melintaslah pelan-pelan, jangan bernafsu ingin cepat-cepat lewat. Bagian bawah mesin Anda bisa mentok nantinya.

Bukan hanya mesin mentok, suspensi juga jadi lebih cepat rusak akibat buru-buru saat ketemu polisi tidur. Perlu Anda ingat bahwa motor harian kalian berbeda dengan trail yang sudah didesain untuk menghajar jalan bergelombang dengan kecepatan tinggi.

Apalagi kalau Anda membonceng orang lain, otomatis beban motor bertambah besar. Akibatnya suspensi akan bekerja lebih keras, dan ground clearance motor Anda makin rendah.

Sebaiknya memang harus kurangi kecepatan motor tentu dengan bertahap. Mengganti suspensi dengan yang lebih bagus atau tinggi bisa menjadi solusi. Mau tambah tinggi lagi? Ban pun bisa ikut disesuaikan.

4. Melibas Polis Tidur dengan Teknik Diagonal

Ini terbukti efektif meredam guncangan di polisi tidur. Bagi yang motornya rendah juga perlu memakai teknik ini. Kembali kecepatan motor juga harus disesuaikan saat memakai cara ini.

5. Jangan Pakai Lampu Jauh

Salah satu tips saat melewati polisi tidur di waktu malam adalah jangan pakai lampu jauh. Karena jarak pendek akan kurang terlihat. Anda bisa kaget saat ban motor mendadak menghantam polisi tidur yang tak terlihat.

Nah sahabat dori itu tadi 5 tips aman melewati polisi tidur ya, semoga bermanfaat.