5 Tips Aman dan Tenang Melakukan Pinjaman di Fintech

23

Di jaman yang serba canggih ini semuanya dilakukan dengan begitu mudah, termasuk dalam mengajukan pinjaman. Kini telah hadir banyak sekali fintech yang menawarkan pinjaman mudah dan cepat. Kehadiran fintech yang seolah membawa manfaat yang besar bagi para penggunanya membuat banyak orang tergiur untuk melakukan pinjaman.

Tapi tunggu dulu, meskipun jumlah fintech yang menawarkan pinjaman online semakin banyak, namun banyak pula yang merupakan fintech abal-abal yang justru akan menyengsarakan si peminjam. Untuk lebih amannya, berikut ini adalah 5 tips aman dan tenang dalam melakukan pinjaman di fintech:

1. Gunakan aplikasi pinjaman online resmi

Sebelum kamu mendownload aplikasi fintech pinjaman online, maka jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu legalitas dari fintech tersebut. Pastikan kamu memeriksa fintech tersebut apakah sudah terdaftar di OJK atau tidak.

Jangan sekali-kali melakukan pinjaman di fintech yang tidak terdaftar di OJK. Fintech yang tidak terdaftar di OJK biasanya memudahkan pinjaman tapi memberikan bunga di atas ketentuan yang diberlakukan oleh OJK sehingga akan menyusahkan peminjam.

2. Pilih fintech dengan bunga paling rendah

Jangan lupa pula untuk selalu membandingkan antara fintech yang satu dengan fintech yang lainnya dalam hal bunga. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pinjaman dari fintech dengan bunga paling rendah. Bunga yang rendah akan membantu untuk mengurangi beban cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

3. Ingat tanggal jatuh tempo

Baik pinjaman di bank atau melalui fintech, keduanya mewajibkan kamu untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Ingatlah tanggal jatuh tempo agar kamu tidak telat dalam membayar cicilan.

Selain untuk menghindari beban bunga harian yang harus kamu tanggung, membayar tepat waktu juga akan membantu kamu untuk mendapatkan skor yang lebih baik sebagai peminjam sehingga lebih mudah untuk melakukan pinjaman di masa datang.

4. Ingat jumlah yang dipinjam

Fintech yang abal-abal biasanya akan menagih melebihi batasan yang ditentukan sehingga akan sangat penting untuk selalu mengingat berapa jumlah pinjaman yang sebenarnya kamu ajukan. Ingatlah untuk selalu melakukan pencatatan tersendiri setiap melakukan pembayaran cicilan pinjaman sehingga kamu bisa lebih pasti berapa jumlah yang sudah kamu bayar.

5. Pastikan data aman

Ingat pula untuk tidak sembarangan memberikan data pada fintech tempat kamu melakukan pinjaman. Jika fintech yang kamu pilih adalah fintech yang telah terdaftar di OJK, maka bisa dipastikan bahwa data kamu akan aman. Namun jika sebaliknya, maka kemungkinan data bocor juga sangat besar. Maka dari itu, selalu pastikan kembali seluk beluk fintech yang akan dipilih.

Itulah 5 tips aman melakukan pinjaman online. Meskipun semakin mudah, bukan berarti kamu bisa sembarangan melakukan pinjaman. Pastikan hanya melakukan pinjaman dalam keadaan yang benar-benar dibutuhkan agar tidak memberatkan keuangan.