5 Tempat Pertunjukan Seni Dan Teater Di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi!

471

Di Indonesia zaman sekarang seni dan pertunjukan teater semakin berkembang, dari hal itu tentu akan semakin banyak tempat-tempat pertunjukan dan teater seni dibangun, baik oleh pemerintah maupun pihak swasta. Di Indonesia ruang atau gedung pertunjukan sebagian besar masih berada di ibu kota Jakarta, beberapa memiliki nilai historis dan sejarah yang panjang dan bermakna bagi bangsa kita, lainnya ada yang baru dibangun dan masih berusia muda.

Berikut daftar 5 tempat pertunjukan seni dan teater di Jakarta yang wajib dikunjungi :

1. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki, Jakarta

Berlokasi di Jl. Cikini No. 73, Jakarta Pusat. Taman Ismail Marzuki atau biasa orang Jakarta menyebutnya TIM merupakan gedung pertunukan dan pusat kesenian yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta waktu lampau bapak Ali Sadikin sebagai pusat untuk para seniman bertemu dari berbagai disiplin ilmu seni untuk berekspresi dan berkarya. Terdapat 3 buah gedung utama pertunjukan yaitu Teater Jakarta, Teater Kecil, dan Graha Bhakti Budaya serta TIM juga memiliki ruang pameran senirupa yaitu Galeri Cipta 1 dan 2. Banyak acara-acara besar dan pameran juga diadakan disini seperti teater kisah cinta Chairil Anwar yang diperankan Reza Rahadian serta Chelsea Islan berlangsung di Taman Ismail Marzuki pada 11 dan 12 November 2017 yang lalu.

2. Wayang Orang Bharata

Gedung Wayang Bharata

Bertempat di daerah kawasan Senen-Jakarta Pusat , tepatnya di Jl. Kalilio No. 15. Gedung wayang orang barata ini merupakan gedung pertunjukan seni yang cukup tua di Jakarta namun dalam segi kondisi bangunan , gedung ini sangat terawat dan tetap terjaga ke aslianya. Nama Bharata diberikan karena para seniman wayang orang yang tadinya menempati gedung milik pemprov DKI pada tahun 1971 yaitu kelompok seniman wayang orang yang bernama Pancamurti , namun kelompok ini terpecah ada yang menetap di gedung pemprov dan ada yang meninggalkan kelompoknya dan mereka yang menetap dari Pancamurti membuat kelompok baru yang diberi nama Bharata.

Pagelaran pentas Bharata ini pernah mengalami masa jayanya dahulu karena minat masyarakat yang tinggi namun juga sempat turun akan tetapi di era yang semakin modern ini minat masyarakat sudah mulai bangkit kembali karena seni dan pertunjukan sudah mulai dihargai. Gedung wayang bharata yang sekarang ini merupakan hasil dari renovasi oleh pemprov DKI pada tahun 1999-2004. Saat ini pentas wayang orang bharata dilakukan secara rutin tiap sabtu malam dan masih ramai dikunjungi masyarakat Jakarata yang ingin melihat pertunjukan seni pentas pada akhir pekan.

3. Teater Salihara

teater salihara
Terletak di daerah Pasar Minggu tepatnya di JL. Salihara No.16 Jakarta Selatan. Teater salihara menjadi tempat kesenian multi-disiplin yang berdiri sejak 8 Agustus 2008 yang didirikan seorang sastrawan dan mantan pimpinan redaksi majalah Tempo yaitu Goenawan Mohamad. Banyak pertunjukan yang diselengarakan disini baik individual ataupun kelompok di Indonesia.

Komunitas disini juga disebut Komunitas Salihara yang banyak bekerjasama dengan lembaga asing maupun nasional dalam menyelenggarakan acara kesenian mancanegara dan nasional. Jenis kegiatan di teater salihara seperti festival kesenian, bienal sastra salihara, forum teater salihara, salihara jazz buzz, dan seri kuliah umum salihara. Dalam segi bangunan teater salihara dirancang oleh arsitek
Adi Purnomo yang bisa menampung 270 penonton.

4. Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta

Bangunan pentas seni dan budaya khas Belanda yang masih berdiri kokoh di daerah pusat Jakarta, lebih tepatnya di JL. Gedung Kesenian No.1 Pasar Baru. Gedung ini memiliki tampilan desain bangunan bergaya eropa kuna atau neo-renaisance yang digagas oleh pemerintah belanda dan direalisasikan oleh Gubernur Jendral Inggris, Raffles pada tahun 1814 yang dikenal dengan nama Theather Schouwburg Weltevreden atau disebut dengan Gedung Komedi.

Gedung ini banyak menyimpan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, salah satunya yaitu kongres Pemuda pertama pada 1926 atau peresmian Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) oleh Presiden Sukarno. Banyak pertunjukan tari tradisional di gedung ini dan sering juga menjadi tempat mini konser band ataupun penyanyi papan atas Indonesia seperti Slank, Raisa, Glenn Fredly dan lainya.

5. Ciputra Artpreneur Theater

Ciputra Artpreneur Jakarta

Dari sekian gedung atau tempat pertunjukan seni dan teater di Jakarta, Ciputra Artpreneur Theatre merupakan tempat pertunjukan dan teater yang paling muda dan baru serta modern. Terletak di kawasan kuningan atau lebih tepatnya di JL. Prof. Dr. Satrio Kav 3 5, Ciputra World Lt. 11, Jakarta Selatan. Gedung teater ini berada diatas mall Lotte Shopping Avenue, dan kapasitasnya bisa menampung sebanyak 1200 penonton.

Walaupun masih terbilang baru namun Ciputra Artpreneur Theatre menjadi pionir penyelenggaraan acara Broadway Musikal di Indonesia secara Internasional. Selain acara pertunjukan musikal, seni, dan theater disini juga menampilkan berbagai acara fashion show, musik, kriya, desain dan arsitektur. Tujuan berdirinya Ciputra Artpreneur di pusat ekonomi ibukota ialah untuk membangkitkan industri seni dan kreatif di Indonesia dengan cakupan yang luas meliputi lintas seni dan kreatif industri.

Nah, giamana guys? Jadi mana gedung pertunjukan yang ingin kalian kunjungi terlebih dahulu? Yuk…! ramaikan seni dan teater budaya di Indonesia.