5 Tanda-Tanda Mobil Harus di Tune Up, Jangan Diabaikan!

9

Ternyata bukan hanya mesin dan cat body mobil yang harus dirawat, tune-up mobil memang harus di perhatian dan rutin untuk selalu di cek. Tune-up adalah pengembalian tenaga mesin supaya dapat berjalan dengan kecepatan yang maksimal sesuai dengan kinerja kecepatannya. Nah, pertanyaanya disini adalah kapan tepatnya mobil di tune-up dan berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Kinerja pedal gas pada mobil merupakan satu kesatuan dalam kinerja mesin. Jadi, jika saat kita merasakan gas terasa lambat itu berarti ada sesuatu hal yang harus di ganti atau diservice. Dan itu sangat berhubungan dengan mesin. Jika telat service tune up akan merambat ke seluruh mesin mobil. Sangat tidak nyaman bukan jika pada tarikan mesin tidak maksimal dan lambat saat berjalan.

Sebelum anda ingin tune up kendaraan mobil anda, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu berapa kecepatan mobil yang sudah anda gunakan. Tune-up mobil tidak asal dalam men-tune-up. Berikut ini beberapa kondisi mobil yang harus di tune up:

1.Gas tidak optimal

Saat anda menjalankan mobil dan merasakan gas yang anda tekan sudah tidak optimal atau sudah sangat melambat, ini saatnya kamu haru tune up mobil. Dengan tune up, kendaraan kamu akan berjalan dengan kecepatan yang maksimal.

2.5000 km

Tune up sama halnya dengan mengganti oli mesin. Jika kecepatan mobil sudah mencapai 5000 km segeralah untuk tune-up mobil. Dengan rutin tune up secara teratur dan tidak telat akan membuat mesin mobil anda lebih awet dan tidak mudah rusak.

3.Sulit di starter

Jika mobil sudah sulit untuk di starter, itu pertanda mobil butuh di tune up supaya mobil dapat dipergunakan dengan normal kembali.

4.Suara mesin kasar

Jika suara mobil anda kasar dengan bunyi gerungan selama dalam perjalanan itu pertanda mobil anda perlu di tune up. Jika hal tersebut dibiarkan, akan merambat dan merusak komponen mesin.

5.Mobil Bergetar

Mobil bergetar saat digunakan bisa menyebabkan mobil tidak di tune up. Segera lakukan tune up jika merasakan mobil bergetar saat di kendarai.

Untuk pengerjaan tune up mobil tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama. Dan untuk melakukan tune-up bisa dilakukan secara rutin 1 bulan sekali suapaya kinerja mesin mobil tetap awet dan optimal. 

Jika anda hanya ingin tune up saja tanpa harus mengganti komponen mesin, anda bisa lakukan di bengkel umum dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bengkel resmi. Tapi, jika anda ingin tune up dan mengganti komponen mesin ada baiknya service di bengkel resmi. 

Terkadang orang yang memiliki mobil tidak berfikir untuk tune up mobil, atau bahkan ada sebagian yang tidak tahu. Ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang perawatan mobil terutama untuk tune up mobil.