5 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate, Agar Tak Kalah Saing!

10

Saat ini mencari kerja tidaklah mudah, banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi para HRD atau penyeleksi. Kalau dulu banyak perusahaan mempertimbangkan seseorang diterima kerja lewat ijazah yang didapat dari sekolah di mana orang itu belajar.

Namun, kini keadaan berubah. Semua perusahaan hanya melihat soft skill dan pengalaman yang dimiliki. Lalu ijazah bagaimana? Mereka akan mengesampingkan itu nanti setelah melihat soft skill dan pengalaman yang ada pada dirimu.

Alasannya sendiri, nilai yang ada di ijazah tidak menjamin kinerja seseorang. Untuk itu saat ini di lembaga-lembaga tertentu banyak yang membuka lowongan dengan soft skill yang diutamakan.Menurut kamu, soft skill apa sih yang dicari para perusahaan untuk merekrut karyawan baru ? Berikut ulasannya.

1. Komunikatif

Para perusahaan mengharapkan para pekerja memiliki sikap komunikatif kepada semua orang yang ditemuinya. Alasannya apalagi kalau bukan untuk memajukan perusahaan mereka.

Tidak mungkin dong mereka akan mempekerjakan orang-orang yang malu. Sifat komunikatif sendiri bisa kita dapat selama kita sekolah, contohnya kita bisa ikut organisasi yang ada di sekolah.

2. Tanggung Jawab

Tanggung jawab juga menjadi poin penting bagi kamu yang mau melamar kerja di posisi tertentu di perusahaan. Kamu suka-suka bertanya nggak kenapa tanggungjawab itu penting. Hal ini dikarenakan tiap orang atau karyawan tentunya mempunyai tugas dan kewajiban yang harus mereka penuhi.

Coba kamu bayangkan jika seseorang karyawan nggak punya rasa tanggungjawab terhadap pekerjaannya? Bagaimana dengan nasib perusahaannya?

3. Disiplin

Tiap perusahaan tentunya mereka mengharapkan para karyawannya agar disiplin. Disiplin dalam pekerjaan adalah hal yang penting dilakukan bagi para karyawan di perusahaan.

Jika tidak ada sifat kedisiplinan, seorang karyawan bisa masuk keluar dari tempat kerjanya tanpa memikirkan rasa tanggung jawabnya.

4. Pemimpin

Tiap perusahaan membutuhkan kandidat yang bisa memimpin suatu bidang di pekerjaannya. Maka tak jarang, poin ini menjadi paling penting bagi para kandidat yang mau masuk ke dalam perusahaan.

5. Bekerja Sama

Bekerja sama juga poin terpenting bagi para kandidat yang melamar pekerjaan. Hal ini dikarenakan beberapa pekerjaan saling bergantung antara satu bidang dengan bidang yang lain.

Nah itu dia beberapa soft skill penting yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam menerima kandidat karyawan. Mereka biasanya menyeleksi dengan baik dan teliti, karena tidak mungkin mereka menyeleksi asal-asalan tanpa mempertimbangkan baik buruknya untuk perusahaan.