5 Sifat Membahayakan yang Harus Dihindari Trader agar Profit Meningkat

51

Hampir semua kalangan masyarakat mengenal pasar modal Mereka tidak hanya mengenal tetapi juga mencoba bertransaksi di pasar modal seperti bursa saham dan foreign exchange (forex). Meraup keuntungan di pasar modal bukanlah hal yang mustahil. Banyak orang yang memiliki penghasilan atau profit yang tinggi dengan melakukan jual beli di pasar modal yang disebut dengan trading.

Tak sedikit juga orang yang menjadikan trading sebagai salah satu mata pencaharian. Namun, hati-hati dengan pernyataan tersebut. Tergiur dengan profit yang tinggi dapat membuat kita terjerumus dalam teknik trading yang salah. Tidak hanya teknik,, kondisi mental dan sifat seseorang juga memiliki andil yang besar dalam membuat keputusan ketika trading.

Berikut ini adalah lima sifat membahayakan yang harus dihindari trader jika ingin meraih keuntungan besar yaitu:

  1. Panic Selling

Banyak trader yang susah mengendalikan emosi yang dirasakannya. Mungkin posisi yang diambil sudah tepat namun, karena rasa panik sesaat maka, seorang trader bisa menjual terlalu cepat karena takut dengan fluktuatif harga. Akhirnya bukan untung, malah rugi hanya karena emosi sesaat.

  1. Ragu-ragu mengambil posisi

Seorang trader terkadang tidak terlalu yakin mengambil posisi tertentu sehingga kehilangan kesempatan untuk meraih keuntungan. Misalnya, seorang trader memprediksi bahwa harga sebuah saham akan naik namun, ia tidak secepatnya mengambil posisi buy sehingga harga sudah naik dalam kesejap. Trader hanya bisa gigit jari.

  1. Ingin balas dendam

Seorang trader yang sudah menderita kekalahan tentu terpancing untuk mengembalikan modal yang telah hilang. Karena dikuasai emosi melihat harga saham yang terus naik, ia pun nekat mengambil posisi ditengah-tengah kenaikan harga. Begitu terjadi koreksi, trader pun mengalami kerugian lagi.

  1. Serakah

Inilah sifat yang cukup mematikan trader yaitu serakah. Ketika sudah raup keuntungan yang cukup banyak namun, masih saja merasa kurang sehingga terpancing untuk mengambil posisi-posisi tanpa melihat tren pasar. Akhirnya, trader mengalami kerugian dan keuntungan yang diperoleh tergerus dalam sekejap.

  1. Tidak sabar

Banyak trader yang tidak sabar untuk meraup keuntungan sehingga melakukan trading tanpa melihat tren pasar namun, hanya memanfaatkan fluktuatif harga. Akibatnya, banyak trader yang menyesal menjual terlalu cepat padahal harga masih terus naik.

Itulah lima sifat yang harus dihindari trader jika ingin mendapat keuntungan maksimal ketika trading. Amatilah tren pasar sebaik mungkin sebelum mengambil keputusan buy or sell. Jangan tergesa-gesa memasuki pasar agar tidak menyesal jika terjadi kerugian. Selamat mencoba! Salam profit!