5 Rekomendasi Sitkom Indonesia yang Nggak Bosen Buat Ditonton Lagi

14

Generasi 90an sangat dihibur dengan kehadiran-kehadiran Sitkom (Situasi Komedi) yang disiarkan di berbagai macam chanel televisi. Kala itu, sitkom menjadi penyeimbang bagi beberapa siaran yang menayangkan drama serial.

Sampai saat ini, sitcom – sitcom Indonesia masih banyak diminati oleh penonton. Seiring berkembangnya zaman, kualitas sitcom semakin berubah pula. Banyak sekali sitcom Indonesia yang pernah populer di kalangan penonton. Berikut ini beberapa rekomendasi dari sitcom Indonesia yang masih sangat asyik untuk ditonton ulang. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

1. OB (Office Boy)

Rekomendasi sitcom Indonesia yang pertama adalah OB atau Office Boy. Sitkom ini menjadi sangat digemari oleh banyak penonton Indonesia karena hadir ditengah gempuran drama serial.

OB menceritakan tentang keseruan situasi kantor serta para karyawannya dengan karakter yang unik dan berbeda – beda. Mulai dari pimpinan HRD bernama Pak Taka, yang galak, temperamental, dan hampir seluruh karyawan takut dengannya. Kemudian ada juga Gusti, karyawan yang playboy serta Hendra, seorang akuntan yang sangat norak. Selain itu, ada juga karyawati bernama Saschya yang sangat polos.

Selain karyawan kantor, terdapat pula karyawan OB yang biasa membantu karyawan kantor dalam hal kebersihan. Adalah Sayuti, Odah, Mail, hingga Susi yang bekerja sebagai Cleaning Service.

Situasi yang unik dan menarik di kantor selalu bisa mengocok perut dan sukses membuat pemirsa merasa terhibur dengan kekonyolan mereka. Apalagi, jam tayang dari sitcom ini ditempatkan di sore hari, saat para karyawan melepas lelah dan bisa menyaksikannya bersama keluarga tercinta.

2. Bajaj Bajuri

Sitkom selanjutnya yaitu Bajaj Bajuri. Bajaj Bajuri menjadi sitcom yang paling sukses. Hal ini dibuktikan dengan banyak channel televisi yang menayangkan ulang Sitkom ini. Mulai dari SCTV, RTV, ANTV, hingga CNN Indonesia.

Serial situasi komedi Bajaj Bajuri meraih popularitas di sekitar tahun 2002. Karena popularitasnya, serial ini berhasil tayang lima tahun lamanya.

Bajaj Bajuri mengisahkan berbagai kehidupan sehari – hari. Tokoh utama dari sitcom ini adalah Bajuri, seorang penarik bajaj diperankan oleh Mat Solar. Sementara istrinya, Oneng, diperankan oleh aktris Rieke Dyah Pitaloka. Keluarga lainnya yang ikut meramaikan keluarga kecil ini yaitu Fany Fadillah, hingga Nani Wijaya.

Selain keluarga kecil tersebut, kemunculan tetangga – tetangga sekitar juga menimbulkan cerita unik dan dekat dengan kisah yang terjadi di masyarakat. Itulah mengapa sampai saat ini pun, Bajaj Bajuri masih menjadi sitcom yang memiliki kenangan tersendiri di penonton tahun 2002an. Bajaj Bajuri juga sempat dibuat versi film hingga dua kali.

3. Tetangga Masa Gitu

Tetangga Masa Gitu diproduksi oleh orang – orang hebat di belakang layar. Di posisi M. Ikhsan sebagai Production Head, Kusuma Wardhani berada di bagian Creative, Fatur Rahman sebagai Production Assistant, hingga Yenni Pujiastuti di bagian Produser.

Tetangga Masa Gitu tayang setiap jam 7 malam mulai Senin hingga Jumat. Tetangga Masa Gitu diperankan oleh Chelsea Islan, Deva Mahenra, Dwi Sasono, hingga Sophia Latjuba.

Tetangga Masa Gitu menceritakan tentang Bintang Howard Einstein (Chelsea Islan) merupakan seorang istri dari Bastian Irawan (Deva Mahenra). Mereka merupakan pasutri baru yang selalu romantis. Pasangan ini memiliki tetangga yang sering mengusik dan menyebalkan.

Tetangga dari pasangan suami istri adalah Angel (Sophia Latjuba) dan Adi (Dwi Sasono). Saat menonton Tetangga Masa Gitu, kalian akan terhibur dengan aksi – aksi kocak dari kedua pasangan suami istri ini.

4. Malam Minggu Miko

Rekomendasi Sitkom Indonesia selanjutnya berjudul Malam Minggu Miko. Malam Minggu Miko merupakan Sitkom produksi salah satu komika terkenal tanah air yang kini menjadi youtuber tersukses di Indonesia, Raditya Dika.

Dalam pembuatan serial sitcom, Malam Minggu Miko, Dika berperan sebagai penulis scenario, produser, sekaligus aktor utama dari serial tersebut. Pada awalnya, sitcom ini hanya disiarkan via Youtube, namun karena antusias penonton terhadap serial ini, akhirnya ditayangkan di Kompas TV setiap hari Selasa.

Malam Minggu Miko menjadi jalan kesuksesan pertama Dika berkecimpung di dunia perfilman. Setelah populer dengan serial ini, Dika pun tidak lupa membuat Malam Minggu Miko dalam versi film.

Malam Minggu Miko memiliki tiga karakter utama. Karakter yang pertama adalah Miko yang diperankan oleh Raditya Dika. Lalu selanjutnya, terdapat teman kontrakan Miko bernama Ryan (@adriandhy). Dan juga Anca (@ancablanca) yang berperan sebagai asisten rumah tangga. Tidak ketinggalan pula kucing yang menjadi kesayangan di rumah itu bernama Boss.

Miko merupakan cowok yang polos, culun, serta sangat sering gagal bila berurusan dengan masalah percintaan. Sementara Ryan, digambarkan menjadi sosok yang sangat percaya diri dan sok tahu. Lalu Anca, memiliki karakter yang sangat lugu dan setia. Perpaduan ketiganya dikemas menjadi sitcom yang menarik untuk di tonton. Kemudian, yang menjadi ciri khas sitcom ini adalah selalu ada wanita yang berbeda di setiap episodenya.

5. OK-JEK

Sitkom yang selanjutnya adalah OK-JEK. OK-JEK merupakan sitcom yang mengangkat tema Ojek Online. Sitkom ini sangat menarik untuk diikuti. Terutama dengan temanya yang dekat dengan realita saat ini dimana Ojek Online semakin menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial.

Sitkom ini secara tidak langsung juga memberikan edukasi mengenai transportasi online dan aturan penumpang dengan driver. OK-JEK sebagai salah satu sitcom yang paling berani karena ditayangkan di jam prime time, bersaing dengan serial drama Indonesia. OK-JEK memiliki banyak keunggulan, antara lain, konsistensi opening, serta monolog yang selalu terjaga sejak episode pertama ditayangkan.

OK-JEK memiliki ciri khas yang kuat yang berbeda dari sitcom kebanyakan lainnya. Pola narasi yang mudah diingat adalah satu yang paling sering dinantikan oleh para penggemarnya. Selain itu, bagi mereka yang menyaksikan, terdapat banyak pesan – pesan yang berkaitan dengan transportasi dan lalu lintas.

Oleh karena itu, OK-JEK walaupun memiliki tujuan sebagai salah satu program situasi komedi, OK-JEK juga merupakan tayangan yang memberikan edukasi dan mencerdaskan bangsa

Nah demikian beberapa rekomendasi sitcom Indonesia yang harus kamu tonton. Sitkom-sitcom Indonesia juga memberikan banyak edukasi dan bisa kamu saksikan bersama keluarga tercinta.