5 Rekomendasi Channel Youtube Untuk Anak yang Aman Ditonton

20

Youtube menjadi salah satu aplikasi sosial media yang kini banyak digemari oleh banyak kalangan, tak terkecuali anak-anak. Banyak orang tua yang kini memanfaatkan youtube sebagai sarana belajar dan hiburan untuk buah hatinya. Hal ini dikarenakan, ada banyak channel di youtube yang bisa diakses dan dipilih orang tua. Mulai dari bernyanyi, bercerita, berhitung, dan beberapa hal lainnya.

Meskipun demikian, orang tua tidak boleh begitu saja percaya dengan keseluruhan isi dari konten channel di youtube tersebut. Perlunya sikap waspada dan kehati-hatian pada diri orang tua harus tetap terus diprioritaskan, agar tujuan dari menonton video di channel youtube memberikan nilai-nilai positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Bagi para orang tua yang masih bingung memilih channel youtube apa yang sesuai untuk anak. Anda bisa menyimak beberapa channel youtube yang aman dan edukatif untuk ditonton oleh si kecil.

1. Lagu Anak Indonesia Balita

Channel youtube lagu anak Indonesia balita merupakan salah satu channel youtube yang disukai anak-anak. Biasanya channel youtube ini memuat konten-konten lagu-lagu anak dari Indonesia hingga mancanegara.

Channel youtube ini bisa menjadi referensi bagi para orang tua untuk membuat aktivitas si kecil menjadi menyenangkan serta menambah kosa kata baru si kecil lewat lirik-lirik lagu yang diputar.

2. Nussa Official

Nussa official merupakan salah satu channel youtube yang baru yang mampu menarik banyak perhatian dari banyak orang, terutama anak-anak. Channel youtube nussa official ini menceritakan saudara kandung kakak beradik, yaitu Nussa dan Rara yang penuh dengan nilai-nilai islami di dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anak-anak bisa mencontoh dan meneladani kebiasaan dari kedua tokoh tersebut.

Tontonan Nussa dan Rara ini juga dapat menjadi sarana yang baik untuk mengenalkan nilai-nilai agama dan nilai sosial, sebagaimana yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan hadis. Tak hanya menyajikan cerita-cerita saja, channel Nussa official juga menyuguhkan lagu-lagu islami yang mudah diingat anak.

3. National Geographic Kids

National Geographic Kids menjadi salah satu channel youtube yang direkomendasikan untuk ditonton anak-anak. Di channel ini, biasanya anak-anak akan belajar tentang ilmu pengetahuan tentang alam semesta, mengenal flora dan juga fauna dengan gambar-gambar yang disajikan dengan penuh warna.

Sehingga memudahkan anak-anak memahami dan mencerna informasi yang disampaikan di saluran tersebut. Agar anak lebih paham lagi, ayah bunda bisa kok mendampingi si kecil untuk menjelaskan lebih detail lagi.

4. Sesame Street

Siapa yang masih familiar dengan namanya? Iya, sesama street pernah hadir di saluran televisi pada masa tahun 90-an dengan bentuk muppet-muppet yang sangat menggemaskan. Namun, di tahun 2000-an Sesama Street dikemas dalam channel youtube yang tujuannya untuk mengajarkan anak-anak mengenal alfabet dengan mudah. Supaya lebih menyenangkan, ayah bunda bisa kok mendampingi mereka supaya mereka lebih paham dan mudah belajar.

5. Pinkfonk

Beberapa waktu terakhir, kita sering mendengar lagu baby shark dududu bukan? Iya, ternyata lagu tersebut berasal dari salah satu konten channel youtube pinkfonk.

Saluran ini mengajak para penontonnya yang kebanyakan anak-anak untuk bernyanyi dengan kosa kata bahasa Inggris dan diikuti dengan gerakan badan yang tentunya membuat anak-anak antusias menonton channel youtube tersebut.

Nah, itu dia beberapa channel youtube yang dapat direkomendasikan untuk ayah bunda menemani si kecil belajar. Jadi jangan bingung lagi, channel youtube apa saja yang tepat untuk anak-anak.