5 Pola Asuh Orang Tua yang Salah dan Perlu Diperbaiki

51

Orangtua adalah figur penting ataupun panutan yang ada dalam kehidupan anak. Dengan adanya orangtua, anak-anak bisa mengambil pelajaran atau sikap hal yang baik dan yang buruk, yang tentunya bisa dijadikan pertimbangan anak dalam kehidupan sehari-hari.

Pola asuh orangtua terhadap anaknya berbeda-beda. Ada yang sifatnya membebaskan anak, ada yang mengatur dengan keras, dan beberapa pola asuh lainnya. Namun dalam pola asuh anak, orangtua terkadang masih saja keliru dan selalu berpandangan bahwa apa yang dilakukannya benar. Kira-kira pola asuh yang seperti apa saja ya, yang masih saja salah dilakukan? Berikut ulasannya.

  • Sering menggunakan makian, sumpah serapah, dan kutukan pada anak

Pernahkah kita sebagai orangtua melakukan makian, sumpah serapah, atau bahkan mengutuk anak? Jika iya segeralah kita menyadari dan memohon ampunan kepada Allah serta meminta maaf kepada anak atas ucapan yang kurang enak didengar anak. Karena hal itu juga bukanlah sikap yang baik yang dilakukan orangtua pada anak.

  • Membanding-bandingkan anak kita dengan orang lain

Pernahkah kita sebagai orangtua, membanding-bandingkan anak kita dengan orang lain? Semisal, “kamu kok lemot banget sih kalau disuruh orangtua nggak kaya si A”, “kamu kok bodoh banget sih jadi anak nggak biasa jadi juara kelas seperti si B”. Please kalau kalian pernah melakukannya, cukup sekali saja melakukannya dan anggap itu yang awal dan akhir yang telah kamu lakukan ke anak-anakmu.

  • Menasehati anak di depan orang lain

Jangan pernah kita sesekali menasehati atau menggurui atau memarahi anak di depan orang lain. Kenapa? Karena anak sendiri juga tidak akan suka dengan sikap seperti itu. Coba kalau kalian sebagai orangtua diperlakukan demikian. Apakah kalian setuju?

  • Menyetir anak menjadi seperti apa yang kita mau

Tahukah kamu dengan kita menyetir anak seperti apa yang kita mau justru membuat anak depresi? Ah masa sih? Itu kan demi kebaikan mereka. Iya tapi mereka tentunya punya keinginan sendiri untuk menggapai semua itu bukan? Yuk mulai sekarang biarkan anak memilih apa yang dia mau tanpa perlu kita setir lagi.

  • Jarang mengobrol dengan anak

Tahukah kamu komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan terutama anak-anak. Biasanya mereka ingin berbagi cerita, berbagi keluh kesah dan lainnya kepada orangtua mereka tentang apa yang ditemuinya saat ini, apa yang dirasakan saat ini. Yuk mulai sekarang berikan kelonggaran waktu kalian untuk mendengarkan cerita mereka.

Nah itu dia beberapa hal yang kadang sering kita sepelekan dan tidak kita sadari, tapi efeknya besar sekali. Yuk mulai sekarang kita kurangi kebiasaan