5 Perwakilan Indonesia Melenggang ke Babak Perempat Final Swiss Open 2019

26

Turnamen bulu tangkis Swiss Open 2019 telah memasuki babak perempat final. BWF telah mengumumkan jadwal pertandingan dimana nama 5 perwakilan dari Indonesia termasuk di dalamnya. Di sektor ganda putra, Indonesia memiliki tiga perwakilan yang akan bertanding di babak seperempat final.

Dua di antaranya adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso. Namun dua pasangan ini nanti akan berjuang melawan satu sama lain di babak delapan besar.

Pertemuan ini menjadi ‘perang saudara’ selanjutnya setelah sebelumnya Wahyu/Ade telah terlebih dahulu mengalahkan rekan satu negaranya yaitu Berry Angriawan/Hardianto dengan perolehan skor 21-19, 10-21 dan 22-20. Namun dengan adanya pertarungan saudara ini maka Indonesia dipastikan memiliki satu tiket ganda putra yang akan melaju ke babak semifinal.

Pasangan ganda putra yang masuk ke babak delapan besar lainnya adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Di babak perempat final mereka akan bertemu dengan perwakilan Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Sedangkan di sektor ganda putri Indonesia belum berhasil mengirimkan perwakilan ke babak perempatfinal.

Di sektor tunggal putra, perwakilan Indonesia hanya menyisakan Anthony Sinisuka Ginting. Rekannya yang sama-sama melaju ke babak kedua, Jonatan Christie belum bisa melaju ke babak perempat final setelah dikalahkan oleh perwakilan dari India, Subhankar Dey.

Ginting berhasil memimpin pertandingan di babak kedua setelah mengalahkan perwakilan Malaysia, Liew Daren hanya dalam dua gim dengan perolehan skor 21-14 21-17. Hal ini membuat Ginting menjadi satu-satunya wakil tunggal putra yang tersisa di turnamen Swiss Open 2019.

Di babak selanjutnya nanti Ginting akan menghadapi pemain asal China, Lin Dan. Sedangkan untuk sektor tunggal putri Indonesia sengaja tidak mengirimkan wakilnya karena beberapa alasan tertentu. Terakhir di sektor ganda campuran, satu wakil Indonesia berhasil lolos ke babak perempatfinal.

Pasangan yang lolos adalah Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari setelah berhasil memenangkan ‘perang saudara’ dengan pasangan Indonesia lainnya yaitu Ronald/Annisa Saufika.

Mereka berhasil mengalahkan Ronald/Annisa di babak 16 besar dalam dua gim dengan perolehan skor 21-14 dan 24-22. Di babak perempat final, Rinov/Phita akan menghadapi perwakilan ganda campuran asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith.