5 Penyebab Youtube Tidak Bisa Dibuka Pada Komputer/PC

11

Youtube merupakan bagian dari raksasa teknologi yang kini sedang gencar-gencarnya digunakan untuk keperluan apapun. Youtube sendiri berfungsi sebagai media untuk berbagi dan menonton video. Hal tersebut disebabkan oleh kebanyakan dari video yang diunggah ke media Youtube tersebut berisikan informasi terkini. Itulah sebabnya kenapa penggunaan Youtube lebih popular dibandingkan media lainnya.

Namun, di tengah kenyamanan menggunakan media Youtube sebagai salah satu sumber informasi, terdapat juga beberapa hal yang mengganggu seperti video yang tidak bisa diputar. Apa sih yang menyebabkan hal tersebut? Kenapa hal demikian dapat terjadi di tengah penggunaan Youtube yang bisa dikatakan sebagai kebutuhan? Ternyata ada alasan yang dapat menyebabkan Youtube tidak bisa dibuka pada PC, seperti:

  • Cache Youtube

Hal ini mungkin menjadi hal yang sering dilupakan. Tapi, tahukah Anda bahwa cache yang diidentikkan dengan kumpulan file residu dapat menghentikan kinerja Youtube. Oleh karenanya, pastikan cache Youtube berada dalam keadaan kosong agar video yang diputar di PC tidak ngelag atau mengalami distract. Adapun cara menghapus cache pada Youtube adalah dengan menekan tombol Ctrl + H ketika membuka laman Youtube atau Anda bisa menemukan pilihan menu pada browser lalu melakukan klik pada History. Setelah kolom pilihan muncul, lakukan pilih dan klik hapus seluruh history. Secara otomatis, seluruh riwayat pencarian Anda akan terhapus.

  • Lakukan Update Plugin

Masalah selanjutnya adalah plugin yang memberatkan PC. Beberapa plugin itu terdapat pada browser yang digunakan. Plugin-plugin tersebut diantaranya adalah Plugin Web Accelerator, Plugin Ad Blocker, dan Plugin Youtube Downloader. Plugin Web Accelerator sebaiknya tidak diaktifkan ketika memutar video di Youtube. Hal ini dikarenakan Plugin Web Accelerator akan memberatkan kinerja PC Anda. Berbeda halnya dengan penghapusan Plugin Ad Blocker yang berfungsi untuk melakukan pemblokiran iklan yang dapat menghalangi loading video. Selain itu, ada Plugin Youtube Downloader yang juga membuat Anda kewalahan dalam menunggu video Youtube tersebut loading. Langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menonaktifkannya atau memaksa berhenti.

  • Perhatikan DNS

Pernahkah Anda mendapatkan pesan “this site can’t be reached” ketika mengakses video di Youtube? Itulah yang dinamakan dengan gangguan pada DNS. Ini bisa diperbaiki dengan membuka pengaturan seperti menghapus seluruh riwayat pencarian. Lalu, pilihlah seluruh opsi yang tertera pada kolom tersebut. Apabila masih mengalami gangguan, cek Command Prompt dengan melakukan klik kanan pada lambang Youtube. Setelah pilihan bermunculan, ketikkan “ipconfig” pada kolom tersebut dan tekan tombol close pada kotak dialog.

  • Koneksi

Selain masalah internal yang menyebabkan video Youtube tidak dapat diputar di PC, terdapat masalah eksternal yang mampu menjadi pemicunya. Periksalah jaringan atau koneksi internet yang Anda gunakan. Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan koneksi internet yang stabil dan mampu mendukung seluruh kebutuhan browsing video Anda.

  • Versi PC

Internet memang menjadi prioritas eksternal utama demi kelancaran berselancar di Youtube. Namun, video Youtube tidak dapat diputar di PC juga disebabkan oleh versi PC yang terlalu jadul atau tidak dapat mendukung versi Youtube terbaru. Selain itu, beberapa penyebab lainnya dapat dipicu oleh kondisi memori penyimpanan RAM PC yang rendah, processor PC yang crowded, dan menurunnya performa hard disk.

Nah, itulah beberapa alasan penyebab Youtube tidak bisa dibuka pada PC. Sudahkah Anda memeriksanya? Jika belum, periksalah terlebih dahulu agar Anda dapat menikmati video Youtube tanpa macet dan distract.