5 Penyebab Temperatur Mesin Panas Pada Mobil Bensin

12

Mesin mobil yang sangat cepat panas tentu menyusahkan, belum lagi kalau mengakibatkan mogok ditengah jalan. Kondisi mesin mobil yang mudah panas juga bukan kondisi yang harus dibiarkan, karena bila mesin mobil cepat panas dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan kerusakan permanen, seperti mogok, berasap bahkan terbakar.

Biasanya kondisi mesin mobil yang cepat panas disebabkan oleh beberapa komponen pada mesin tersebut, ataupun komponen pendukungnya. Hal tersebut bisa juga terjadi bila terdapat kesalahan pada fase perawatan serta penggunaanya. Inilah 5 hal penyebab temperatur mesin mobil cepat panas.

  1. Rusaknya Thermostat

Pada sistem pendingin mobil, thermostat berfungsi untuk mengukur temperatur atau suhu pada mesin mobil. Bila benda ini mengalami kerusakan tentu temperatur pada mobil tidak bisa terbaca, sehingga radiator dan kipas pendingin tidak dapat bekerja apabila terjadi kondisi panas pada mesin mobil. Hal itu dikarenakan sistem pendingin akan bekerja bila thermostat memberikan sinyal bahwa mesin mobil perlu didinginkan. Dari itu tentu keberadaan thermostat sangatlah vital.

  1. Masalah pada Radiator beserta Selangnya

Kerusakan pada radiator umunya terjadi pada selang yang bocor. Bila selang radiator bocor maka cairan pendingin tidak bisa dialirkan, sehingga membuat temperatur pada mesin mobil cepat panas. Mengapa demikian? Karena Radiator bertugas untuk mendinginkan mesin mobil pada temperature tinggi, apabila terjadi kerusakan pada radiator tentu membuat mesin mobil seringkali dalam kondisi temperature tinggi.

  1. Fan atau blower yang tidak berputar

Masih berkutat sekitaran radiator. Selain cairan radiator juga memiliki fan atau sistem pendingin menggunakan kipas. Kipas yang berputar ini dapat menggantikan peran cairan pendingin bila saat mobil dalam keadaan berjalan. Dengan memanfaatkan daya pada mobil, serta dilengkapi dengan udara masuk saat mobil berjalan. Maka bila kipas ini tidak berputar tentu mobil akan cepat panas.

  1. Pemilihan oli mesin yang salah

Pada dasarnya mesin mobil memiliki oli pelumas dengan standart masing-masing. Termasuk standart masa berlaku dan masa kejenuhan oli. Bila oli pelumas tidak sesuai dengan mesin mobil maka akan terjadi overheat, atau pemanasan berlebih, sehingga pemakaian oli sesuai dengan standartnya sangatlah penting.

  1. Penggunaan BBM yang salah

Penyebab temperature mesin mobil sering panas, bisa juga disebabkan oleh penggunaan BBM yang salah. BBM memiliki nilai oktan atau standart temperature untuk kondisi mesin yang berbeda-beda. Jadi kebiasaan memaksakan/mencampur segala bahan bakar bisa memberikan effect yang kurang bagus pada mesin. Salah satunya mesin mengalami mudah panas, bisa juga merambat menjadi berasap ataupun mogok.

Itulah mungkin beberapa komponen yang harus anda jaga agar tidak menimbulkan masalah pada mesin mobil. Perawatan yang benar serta berkala, juga merupakan hal penting dalam merawat mobil.