5 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

90

Sama seperti sakit kepala sebelah, sakit kepala bagian belakang juga bisa dialami siapa saja, dan kapan saja. Terlepas dari siapa yang mengalami sakit kepala tersebut, tentunya juga disebabkan beberapa hal.

Namun terkadang sakit kepala bagian belakang sering berkaitan dengan kurang sehatnya kondisi tubuh. Atau kesehatan tubuh yang sedang terganggu. Dalam pembahasan kali ini berkaitan dengan penyebab sakit kepala bagian belakang. Jadi silahkan menyelesaikan membaca artikel ini hingga selesai bila ingin mengetahui penyebab dari sakit kepala bagian belakang.

Penyebab sakit kepala bagian belakang, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Sakit kepala tegang atau tension headache

Sakit kepala ini biasanya memang terjadi pada bagian belakang kepala, hanya saja biasa terjadi beberapa menit saja. Namun kadang kala sering terjadi juga dalam jangka waktu lama misalnya terjadi sekitar tuju hari. Bila memang merasakan sakit yang lama, lebih baik periksa diri ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang sesuai.

  • Migran

Kondisi seperti ini juga menjadi penyebab umum terjadi sakitnya kepala terlebih pada bagian belakang. Hal ini biasanya terjadi ketika masih kecil dan seiring pertambahan usia. Pada umumnya migran lebih sering dirasakan pada bagian sebelah kepala, namun tidak jarang juga terjadi hingga bagian belakang kepala.

  • Sakit kepala cluster

Sakit kepala jenis ini memang jarang terjadi, tetapi bisa terasa sangat menyakitkan bila memang dirasakan. Sakit kepala ini biasanya terjadi setiap periode cluster. Dalam artian muncul saat tertentu saja dan bisa terjadi berulang kali dalam sehari.

Pada satu periode cluster bisa terjadi selama berminggu-minggu hingga bisa juga beberapa bulan. Tetapi saat terjadi tidak bisa merasakan sakitnya sama sekali. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan sakit yang sangat kuat pada bagian belakang kepala.

  • Oksipital neuralgia

Kondisi ini terjadi pada saat saraf yang menjalar dari bagian belakang leher, kemudian tulang belakang, hingga menjalar pada paha mengalami kerusakan seperti iritasi.

Kondisi tersebut juga menyebabkan leher terasa sakit, kemudian kelamaan menjalar hingga pada bagian belakang kepala serta belakang telinga. Sakit yang dirasakan lebih seperti tajam atau menusuk dengan kata lainnya terasa berdenyut-denyut.

  • Arthritis

Sakit kepala pada bagian belakang bisa juga disebabkan oleh arthritis. Kondisi ini biasanya disebabkan karena peradangan serta pembengkakan di area leher serta di area sekitarnya. Pada kondisi ini biasanya akan merasakan sakit dibelakang kepala maupun leher.

Ketika mengalami kondisi tersebut, maka pergerakan yang anda lakukan mungkin bisa memperparah sakit yang dirasakan sebelumnya. Sakit tersebut disebabkan oleh rheumatoid arthritis maupun osteoarthritis.

Nah, itulah beberapa penyebab yang menimbulkan sakit kepala bagian belakang. Bila memang terlalu sering mengalami sakit kepala bagian belakang, coba periksa diri ke dokter guna diberikan tindakan yang sesuai dan bisa menyembuhkan rasa sakit tersebut secara menyeluruh. Disarankan tidak melakukan tindakan yang mungkin memperparah rasa sakit yang dialami.