5 Penemuan Teknologi dalam Islam yang Mendunia

12

Islam adalah agama yang sempurna, bahkan dalam bidang teknologi. Banyak penemuan teknologi yang berasal dari ilmuwan Muslim. Bahkan beberapa diantaranya menjadi penemuan terhebat sepanjang sejarah dunia. Berikut ini adalah beberapa penemuan teknologi dalam Islam yang mendunia:

1. Jam gajah

Tampak sekilas jam gajah seperti patung gajah biasa pada umumnya, namun ternyata jam gajah memiliki fungsi yang luar biasa. Jam gajah ini dibuat pada tahun 1100-an oleh seorang ilmuwan dan ahli matematika asal Turki. Jam gajah merupakan cikal bakal robot pertama di dunia karena pada jam ini terdapat banyak sekali elemen penting yang berkaitan satu sama lain sehingga mampu menggerakkan bola dan berbunyi.

Jam gajah menggunakan perhitungan matematika yang kompleks untuk membuat beberapa bola bergerak jatuh hingga menghasilkan bunyi setiap setengah jam sekali.

2. Kamera obscura

Kamera obscura adalah cikal bakal dari kamera saat ini. Ia memperbaiki konsep obscura yang ditemukan di Cina lalu mengaplikasikannya pada kamera obscura. Penemuannya ini merupakan penemuan yang sangat bermanfaat dan digunakan hingga saat ini. Setelah penemuannya muncul, banyak penemu barat yang menggunakan konsep ini untuk terus dikembangkan hingga menjadi kamera seperti sekarang.

3. Peta dunia

Jaman dahulu, banyak penjelajah yang melakukan perjalanan ke seluruh bagian dunia hanya untuk bisa membuat sebuah peta yang sempurna. Namun ternyata sebuah peta dunia yang dianggap paling lengkap dan kompleks pada masa itu dibuat oleh seorang ilmuwan Muslim bernama Al Idrisi.

Ilmuwan yang lahir di Afrika Utara dan dibesarkan di Italia ini berhasil membuat sebuah peta yang sangat lengkap. Ia bahkan memiliki rincian mengenai Afrika dan wilayah Timur serta wilayah kekuasaan Kristen dan Islam.

4. Alat Operasi

Dunia medis juga mempunyai seorang ilmuwan Muslim yang sangat terkenal. Bahkan penemuannya dalam dunia medis ini masih digunakan hingga sekarang. Ia adalah Al Zahrawi atau lebih dikenal dengan sebutan Bapak Ahli Bedah. Ia merupakan ahli bedah yang sangat terkenal pada masa itu. Kemahirannya dalam melakukan prosedur operasi membuat namanya dikenal hingga ke dunia Barat.

5. Alat terbang

Penemuan selanjutnya adalah cikal bakal pesawat terbang. Alat terbang pertama kali ditemukan oleh Ibnu Firnas. Ia mencoba terbang dengan menempelkan banyak bulu pada tubuhnya serta sayap dengan mekanisme yang belum diketahui. Ia berhasil terbang dengan baik pada jarak tertentu dan mendarat dengan selamat. Alat terbangnya ini akhirnya menjadi cikal bakal pembuatan pesawat terbang seperti sekarang.

Itulah 5 penemuan teknologi dalam Islam yang mendunia. Kehebatan dan kejayaan Islam memang akan selalu dikenal sepanjang masa, bahkan hingga ke dunia Barat yang menganggap mereka adalah yang paling hebat.