5 Negara yang Memiliki Investasi Terbesar di Indonesia

40

Investasi asing (Foreign Direct Investment) adalah sebuah kegiatan investasi yang dilakukan negara asing di Indonesia yang sampai saat ini masih sangat mendominasi dibandingkan investasi Indonesia di luar negeri. Nilai tukar rupiah yang selalu stabil dan kekayaan alam Indonesia yang melimpah akan membuat keuntungan yang sangat baik bagi negara yang berinvestasi. Hal itulah yang menjadi alasan kuat mengapa negara asing senang berinvestasi di Indonesia.

Banyaknya perusahaan-perusahaan asing yang membangun pabrik di Indonesia membuat persaingan ekonomi di Indonesia menjadi sangat ketat. Karena dengan laju pertumbuhan penduduk yang cepat membutuhkan lapangan kerja yang banyak. Salah satu solusi pemerintah adalah dengan adanya kebijakan bahwa negara lain bisa berinvestasi di Indonesia.

Berikut ini adalah lima negara yang memiliki investasi terbesar di indonesia:

1. Singapura

Singapura adalah negara yang berada di Asia Tenggara yang memiliki nilai investasi paling besar sampai saat ini. Berikut ini beberapa perusahaan asal Singapura yang investasi di Indonesia adalah Aurigin Technology, ComfortDelGro Corporation Limited, Pacific Century Regional Developments Limited, Bee Cheng Hiang, BreadTalk Group Limited, CapitaLand, Singapore Airlines, Chartered Semiconductor Manufacturing dan Tiger Airways.

2. Jepang

Jepang adalah negara kepulauan yang berada di Asia Timur dan berikut ini beberapa perusahaan asal Jepang yang investasi di Indonesia adalah Gainax, Kawasaki, Namco, Nikon, Nintendo, Sega, Sony, Yamaha, Yamaha Motor Company, Hino Motors, Hobonichi dan Honda.

3. Tiongkok

Tiongkok adalah negara yang berada di Asia Timur dan berikut ini beberapa perusahaan asal Tiongkok yang investasi di Indonesia adalah Alcatel, Aviation Industry Corporation of China, Baidu, Changhong, Changjiang, Dongfeng, Motor Corporation, FAW Group, Grup Otomotif Beijing, Haier, Hisense, Huawei, Shanghai Oriental Pearl dan TP-Link.

4. Hongkong

Hongkong adalah negara yang berada di Asia Timur dan berikut ini beberapa perusahaan asal hongkong yang investasi di Indonesia adalah Golden Harvest, Hong Kong Airlines, Hutchison Whampoa, Jardine Matheson, JUSCO, Megaupload, MTR Corporation, Music Icon Records, MusicPlus, Star Ferry, Sundream Motion, Television Broadcasts Limited, Tiger Gate Entertainment dan AIA Group.

5. Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara yang berada di Asia Timur, berikut ini beberapa perusahaan asal Korea Selatan yang investasi di Indonesia adalah HaBo Telecom, Hansol, Hite, Hyundai, Hyosung, Humax, Samick, Samsung Group, SK Teletech, Ssangyong Motor Company, LG Group, Lotte Group, Orion Hankook Tire, Jeju Air dan Kia Motors.

Itulah beberapa informasi mengenai 5 negara yang memiliki investasi terbesar di Indonesia.