5 Menu Makanan Paling Aneh di Indonesia

42

Indonesia memang merupakan negara yang sangat kaya, kaya akan Bahasa, budaya sampai makanan khas yang beragam macamnya. Setiap daerah di penjuru Indonesia pasti memiliki hidangan khas nya masing-masing. Tapi, pernahkah kalian tahu ternyata tidak semua makanan yang ada di Indonesia bisa di nikmati oleh semua masyarakat Indonesia juga loh. Kali ini bakalan di bahas, menu makanan khas daerah yang anti mainstream. Yuk simak, kira-kira kalian bakal doyan gak?

1. Ulat Sagu

Yang pertama ada ulat sagu yang biasanya dapat ditemui di pohon sagu atau pohon kelapa yang sudah mati. Hidangan ulat sagu ini berasal dari papua. Makanan yang berasal dari ujung timur bagian negara Indonesia ini bisa dimakan mentah-mentah loh. Masyarakat papua percaya dengan mengkonsumsi ulat sagu dapat menambah stamina menjadi lebih kuat karena kaya akan vitamin.

2. Paniki Santan

Yang kedua ada paniki santan, paniki merupakan daging kalong atau kelelawar. Makanan yang berasal dari daerah Manado ini ialah hidangan yang disajikan dengan kuah santan serta potongan cabai yang sangat banyak. Selain dimakan dalam versi santan, paniki juga biasanya diolah dengan cara disate atau digoreng.

3. Sate Ulat Bulu

Selanjutnya, ada sate ulat bulu. Makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Purworejo Jawa Tengah. Tapi, bukan sembarang ulat bulu ya yang disantap, melainkan hanya ulat bulu dari keluarga Lyman Tridae serta ulat dari pohon turi. Ulat bulu biasanya dihidangkan dengan digoreng ataupun disate. Masyarakat purworejo percaya, ulat bulu dapat berguna sebagai obat sakit gigi.

4. Tikus Panggang

Makanan dengan menu aneh ke 4 datang dari daerah Minahasa, yaitu tikus panggang. Tikus-tikus yang dimaksud disini bukan merupakan tikus yang berasal dari got atau comberan kotor ya, bukan pula tikus yang  berkeliaran didalam rumah serta lemari ya. Melainkan tikus yang habitat tikus yang berasal dari hutan yang belum terkena cemaran sampah-sampah manusia.

5. Rujak Cingur

Yang terakhir, saatnya kita ke jawa timur. Didaerah ibukota jawa timur, terdapat makanan khas yang aneh juga nih. Namanya rujak cingur. Kedengarannya biasa ya, karena berawalan depan “rujak” tapi ternyata tidak disangka dan dinyana, rujak cingur yang dimaksud disini tidak mengandung buah samasekali loh. Malah makanan ini berbahan dasar dari hidung sapi. Tenang saja, kalian tidak akan dibiarkan makan hidung sapi dengan hanya digoreng atau disantan doang kok. Melainkan rujak cingur ini diberi campuran lontong, tahu, tempe, timun, dan cingur tentunya. Wah mesti nyobain nih kalau kalian ke Surabaya. Asal makannya jangan sambal bayangin hidung sapi yang masih hidup aja.

Nah itu tadi ya menu makanan aneh yang ada di Indonesia, bahkan beberapa ada yang menjadi khas dari suatu daerah. Meskipun mendengar namanya saja, sudah merinding apalagi memakannya ya. Kita tetap harus menghargai perbedaan sudut pandang. Termasuk tentang hewan-hewan yang tidak lazim dimakan.