5 Manfaat Puasa Sunah yang Jarang Orang Tahu

34

Puasa merupakan salah satu ibadah yang dijalankan bagi umat muslim di seluruh dunia. Puasa diambil dari bahasa arab shaum dan imsak yang artinya menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan.

Puasa sunnah merupakan suatu ibadah puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah saw untuk dikerjakan. Dalam prakteknya, mungkin kebanyakan kaum muslim berpikir dua kali karena merasa malas dan keberatan untuk melaksanakan ibadah yang satu ini. Hal ini dikarenakan ibadah ini mengharuskan setiap muslim yang menjalankannya harus menahan lapar dan haus serta segala hal yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga adzan maghrib. Namun, dibalik rasa malas dan beratnya menjalankan ibadah yang satu ini, ternyata  menyimpan manfaat yang sangat luar biasa untuk kehidupan kita. Berikut lima manfaat luar biasa dari puasa sunnah:

  • Menahan hawa nafsu

Puasa yang biasanya dilaksanakan oleh setiap muslim dari subuh hingga datangnya adzan maghrib tentunya bukan hal yang mudah bagi setiap orang, kecuali jika dirinya memang sudah terbiasa menahan diri. Larangan yang harus ditinggalkan saat puasa seperti makan, minum, mengontrol emosi dan mengendalikan hawa nafsunya mungkin sangat sulit untuk dihindarkan. Namun, dengan manusia membiasakan dirinya untuk melakukan puasa sunnah, sebenarnya ia telah melatih dirinya untuk sabar, mengatur dirinya agar tidak mudah terpancing emosi dan mengendalikan dirinya dari godaan hawa nafsu yang datang dari mana saja.

  • Mengajarkan untuk hidup sederhana

Ketika seorang muslim membiasakan dirinya untuk melaksanakan puasa sunnah secara tidak langsung ia telah melatih dirinya untuk hidup sederhana dengan menghemat pengeluaran untuk biaya makan dan minuman. Selain itu, puasa sunnah juga mengajarkan dirinya sendiri untuk selalu hidup prihatin dan bersyukur dengan keadaannya yang dimiliki sekarang, karena belum tentu orang lain dapat menerima kenikmatan yang kita rasakan sekarang.

  • Menjaga kesehatan

Membiasakan diri untuk berpuasa sunnah bukanlah suatu hal yang merugi. Manfaat dari puasa sunnah yang lain adalah kesehatan tubuh lebih terjaga karena pengeluaran racun-racun di tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar dalam menjalani aktifitas. Beberapa pakar kesehatan juga menyarankan orang-orang yang sedang mengalami penyakit atau mempunyai masalah kesehatan tertentu untuk melakukan puasa.

  • Menjadi amalan khusus

Setiap manusia tentunya mempunyai amalan yang khusus dalam hidupnya. Beberapa dari kita ada yang menjadikan shadaqah sebagai amalan khususnya, tadarus Quran menjadi amalan khususnya, dan lain sebagainya. Dengan kita melakukan puasa, siapa yang tahu nantinya ketika di akhirat itu amalan-amalan yang kita lakukan di dunia justru menjadi penolong di hari kiamat nanti.

  • Mendapat kemuliaan dari Allah

Di sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dijelaskan bahwasanya, puasa adalah amalnya seorang hamba kepada Rabbnya. Masalah pahala Aku (Allah) sendiri yang akan memberikannya, karena ia mau meninggalkan segala hal yang dilarang seperti syahwat dan makanan hanya karenaKu (Allah). Aku (Allah) akan memberikan dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa, yaitu kebahagiaan ketika ia berbuka puasa dan kebahagiaan di akhirat nanti yaitu ku ganti bau mulutnya dengan bau wewangian yang melebihi minyak kasturi.

Allah juga menjanjikan kepada hambaNya yang mau berpuasa, bahwa ia akan dimasukkan ke dalam surga lewat pintu Ar-Rayyan. Apa itu pintu Ar-Rayyan? pintu Ar-Rayyan yaitu pintu-pintu yang dikhususkan bagi mereka yang suka berpuasa.

Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa sunnah dengan konsisten dalam kehidupan kita, sehingga nantinya kita menjadi makhluk yang bertaqwa kepada Allah dalam menjalankan segala perintahNya dan menjadi pengikut umat Rasulullah saw.