5 Lagu Tentang Depresi yang Dirilis Penyanyi SM Entertainment

78
lagu depresi sm entertainment

Industri kpop, bagi mereka yang seringkali bersinggungan dengan musik – musik mereka pasti sudah terlalu paham bagaimana kehidupan mewah yang dimiliki para idol kesukaan mereka. Setiap saat kita melihat mereka memakai barang – barang branded dengan harga yang sangat mahal. Mulai dari kepala hingga kaki mereka pastikan memakai barang – barang bermerek. Hidup dipenuhi dengan kemewahan dan popularitas yang tidak biasa, nyatanya banyak masalah – masalah tersembunyi yang dilewatkan para fans.

Yakni kenyataan mereka juga manusia biasa. Belakangan ini banyak kita dengar mengenai idola yang tengah menghadapi isu kesehatan mental. Ada yang terang – terangan karena merasa tidak tahan dengan hujatan dan komentar kasar, ada pula yang tersembunyi dan menuangkannya dalam bentuk lirik lagu.

Tahun 2017 silam, industri Kpop dikejutkan dengan kematian Jonghyun SHINee. Alasan kematian tersebut dikarenakan ia memilih mengakhiri hidupnya sendiri dengan membiarkan karbon monoksida memenuhi ruangan rumahnya. Jonghyun sendiri dikenal banyak membuat lagu terkait isu kesehatan mental. Lalu ada pula solois Taeyeon yang secara terang-terangan menyatakan dirinya sedang berjuang melawan depresi melalui live Instagramnya.

Berita mengejutkan lainnya datang dari aktris Sulli, yang berada dalam satu agensi yang sama dengan Taeyeon dan Jonghyun, ditemukan tewas gantung diri di apartemennya pada tanggal 13 September 2019. Kabar ini tentu mengejutkan banyak pihak karena sebelum kematiannya Sulli masih sempat menghadiri acara pemotretan bersama sebuah brand.

Mengenai depresi atau isu gangguan kesehatan mental, banyak artis yang berada di bawah naungan SM Entertainment yang merilis lagu terkait isu tersebut. Berikut ini beberapa lagu tentang depresi yang dirilis oleh artis SM Entertainment. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Yoo Young Jin ft Taeyong NCT – Cure

Rekomendasi lagu yang pertama adalah berjudul ‘Cure’. Lagu Cure merupakan bagian dari proyek SM Station. Cure sendiri dirilis pada tahun 2017. Lagu Cure sendiri memiliki genre soft rock. Dengan suara khas Yoo Young Jin ditambah dengan rap kharismatik dari Taeyong membuat lagu ini menjadi semakin memberikan kesan gelap dan memberikan keunikan tersendiri bagi siapapun yang mendengarkannya.

Secara keseluruhan, Taeyong ikut ambil bagian dalam menulis lirik, sementara Yoo Young Jin bertindak sebagai komposer. Lagu ini memiliki pesan tentang perjalanan kehidupan. Dimana akan selalu ada masa kita berada di bawah dan di atas. Namun seberat apapun hidup yang kita miliki, akan selalu ada harapan menanti untuk kita.

Setiap momen menjadi cahaya yang berharga
Aku percaya keadaan akan lebih baik secara perlahan-lahan
Ayo saling mengangkat dan saling menghibur
Karena pada akhirnya
Kita bisa tertawa bersama

2. NCT – My Van

Lagu berikutnya datang dari grup skala besar NCT. My Van merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam album Regular – Irregular milik NCT 127. Dalam lagu ini, dua member ikut berpartisipasi dalam menulis lirik, yaitu Taeyong dan Mark.

Lagu ini menceritakan perjuangan para member saat masih dalam masa pelatihan, dan perjuangan mereka untuk bisa mencapai popularitas dan apa – apa yang mereka pikirkan saat selesai perform dan naik ke van. Dalam van, mereka kembali memikirkan hal – hal mendalam mengenai pribadi mereka masing – masing.

Perjalanan yang panjang,
Aku merasa aku sudah setengah jalan,
Tetapi aku merasa tidak nyaman, dan aku ungkapkan semuanya di dalam mobil
Langkah – langkah yang aku ada di dalamnya
Saat kepalaku mulai terasa sakit
Terkadang, aku butuh pengobatan
Ketika aku merasa frustasi, aku buka jendela 
Dan mulai merasakan udara segar

3. Sulli – Goblin

Sulli yang telah meninggalkan kita semua karena ia memilih mengakhiri hidupnya dengan gantung diri ini ternyata pernah merilis lagu mengenai dirinya yang menderita gangguan kesehatan mental. Dalam lagu Goblin, kita bisa melihat dari liriknya dimana Sulli mengaku ia memiliki tiga sisi yang ada di dalam dirinya. 

Tiga sisi tersebut antara lain sisi introvert yang tidak banyak orang tahu, sisi cerahnya yang ia gunakan saat berada dalam perhatian publik, serta sisi misterius dan evil yang terkadang muncul di saat yang tidak terduga.

Aku ingin memenuhi pelukanku dengan dirimu 
Kabut putih yang ada di dalam hatimu
Aku akan mewarnainya menjadi hitam 
Semua hal yang bernafas di dalam kamarku 
Apa kau merasakan ada sesuatu yang janggal?
Aku ada disini 

4. SM the Ballad – Breath

Lagu yang ketiga adalah lagu dari proyek SM Entertainment yaitu SM the Ballad. Lagu ini berjudul Breath yang dirilis dalam tiga bahasa. Breath versi Korea dinyanyikan oleh Taeyeon dan Jonghyun, versi Jepang dinyanyikan oleh Changmin DBSK dan Krystal F(X), sementara versi China dinyanyikan oleh Chen EXO dan Zhang Li Yin.

Lagu ini menceritakan tentang penyesalan mendalam seseorang yang akhirnya berujung pada rasa sakit yang ia derita saat harus putus dengan seseorang yang dikasihinya. Baik lirik maupun melodi yang digunakan teramat sendu dan memberikan kesan kesedihan bagi siapapun yang mendengarkannya.

Bernapas, 
Yang aku lakukan hanya membuka mataku setiap hari, 
Tetapi hampir tak bisa kulakukan setiap hari
Aku tidak bisa memberitahumu, 
Hal-hal itu justru lebih sulit daripada mati
Karena kau akan khawatir seperti orang bodoh,
Aku hanya bisa merintih

5. Jonghyun – Let Me Out

Kematian Jonghyun SHINee tahun 2017 silam menggemparkan dunia. Jonghyun memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan memenuhi ruangan rumahnya dengan gas karbon monoksida. Jonghyun meninggalkan banyak karya – karya masterpiecenya dan banyak diingat oleh fans ataupun para penikmat musik kpop. Lagu yang paling diingat adalah lagu ciptaannya berjudul Breath yang dinyanyikan oleh solois Lee Hi. 

Selain itu, dalam albumnya, Jonghyun juga menyanyikan lagu berjudul Let Me Out. Isi lirik Let Me Out benar – benar menggambarkan kondisi Jonghyun yang tertekan akibat rasa depresinya. Lewat lagu itu, Jonghyun seperti meminta bantuan pendengarnya untuk mengeluarkan dirinya dari rasa tertekan yang ia miliki.

Seseorang tolong pegang aku, aku kehabisan tenaga dari dunia ini
Seseorang tolong hapus aku, aku basah kuyup dengan air mata
Seseorang tolong perhatikan perjuangan saya dulu
Tolong akui aku yang malang
Tolong bantu aku

Demikian beberapa lagu yang bercerita tentang depresi dan pernah dirilis oleh SM Entertainment.