5 Kebiasaan yang Membuatmu Merasakan Kantong Kering

15

Kantong kering atau biasa yang kita sebut dengan kanker merupakan istilah yang biasa kita dengar ketika seseorang tidak memiliki uang atau simpanan dalam menjalani hidup selama beberapa hari ke depan.

Istilah ini sering dilontarkan seseorang ketika sudah memasuki pertengahan bulan akhir, dimana gajian masih jauh terlihat dan simpanan pun sudah habis tak tersisa.

Berikut 5 hal yang membuat kamu sering mengatakan kantong kering, diantaranya :

1. Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Beberapa orang ketika baru saja menerima gaji, biasanya ia akan membeli barang apa saja yang dilihatnya dan sebenarnya barang tersebut tidak ada manfaatnya dan lagi belum diperlukan.

Hanya karena tergiur diskon atau lapar mata sesaat, membuat sebagian dari kita suka lupa bahwa masih ada kebutuhan yang mendesak yang harus kita siapkan.

2. Pengeluaran Lebih Besar Dari Pemasukan

Ketika kamu sudah tahu berapa kira-kira gaji yang kamu dapat, ada baiknya kamu membuat list atau daftar segala kebutuhan yang ingin kamu beli.

Kemudian kamu juga perlu menyisihkan uangmu untuk menyiapkan beberapa kebutuhan yang terkadang datangnya dadakan atau darurat.

3. Foya-foya

Buat kamu yang masih hobi foya-foya, ada baiknya kini kamu menghentikan kebiasaan tersebut. Kenapa? Karena setiap harinya kebutuhan manusia terus meningkat.

Jika kita menuruti hobi yang satu ini, alhasil.kamu justru akan banyak memakan rasa kecewa dan penyesalan di belakang.

4. Tidak Bisa Mengatur Uang

Kamu tidak bisa mengatur uang? Cobalah mulai sekarang kamu memanage uang kamu sendiri. Simpan sekian persen untuk kebutuhan sehari-hari, simpan sekian persen untuk keperluan yang mendesak, sekian persen untuk tabungan.

Kalau kamu pun belum bisa mengatur, ada baiknya kamu meminta sahabat atau orang terdekatmu untuk mengajarimu cara memanage pengeluaran dengan baik.

5. Malas-malasan

Ketika kamu mempunyai tanggungjawab untuk menyelesaikan deadline yang sudah dibebankan kepadamu. Ada baiknya kamu langsung kerjakan. Jangan pernah kamu malas-malasan dan menunda-nunda, karena dari rasa malas dan menunda-nunda kebiasaan tersebut.

Justru terkadang kamu tidak mendapatkan apa yang kamu harapkan. Semisal gajimu ditahan, karena banyak deadline yang kamu ambil tapi tidak kamu kerjakan.

Nah itu dia 5 hal yang sering kita sepelekan dan berujung pada penyesalan di akhirnya. Sebenarnya, kita sendiri pun bisa memanage uang dengan baik jika kita tidak tergiur dengan kenikmatan semata. Yuk mulai sekarang, kita pilah pilih lagi barang-barang yang mau kita beli, pertimbangkan jangka ke depannya. Semoga bermanfaat.