5 Kebiasaan Buruk di Kamar Kost yang Harus Ditinggalkan

13
anak kost

Kamar kost menjadi rumah kedua ketika kamu memilih pergi bekerja atau melanjutkan belajar di luar kota atau jauh dari rumah. Biasanya ukuran kamar kost tidak begitu luas dan biasanya hanya tersedia kamar tidur dan kamar mandi dalam. Namun, ukuran luas kamar kost disesuaikan dengan harga yang disepakati antara yang punya kost dan orang yang akan tinggal di kost.

Biasanya bagi para anak kost, kamar kosnya akan dihiasi oleh beberapa pernak-pernik kamar yang tentunya sesuai selera penggunanya. Namun, tahukah kamu ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan tapi justru kebiasaan tersebut menjadi hal yang biasa dilakukan. Wah kira-kira apa sih hal yang dimaksud? Yuk daripada penasaran, temukan jawabannya di sini.

  • Jangan sering menutup jendela kamar

Jendela kamar pada kamar kos juga perlu dibuka sesekali. Hal ini bertujuan agar cahaya dapat masuk ke kamar dan ada hawa (udara) yang baru masuk ke dalam kamar.

  • Jangan menumpuk sampah di dalam kamar

Sadarkah kamu, sebagai anak kos terkadang segala hal ditumpuk di dalam kamar kos. Alasan mager (malas gerak) untuk membuang sampah di luar menjadi alasan yang kuat dari kebiasaan buruk yang satu ini.

Ada baiknya, kamu kumpulkan sampahmu dan masukkan ke dalam tempat sampah kemudian kamu buang ke kumpulan sampah-sampah yang lain yang ada di luar kamar kos. Dengan begini kamar kosmu akan terlihat bersih, bebas bau, dan terhindar dari hewan-hewan yang menjijikkan.

  • Jemur handuk basah dalam ruangan

Sadar nggak si terkadang kamu menjemur handuk basah di dalam kamar? Dan itu kamu lakukan secara terus menerus? Nah, jika kebiasaan yang satu ini kamu biasakan justru akan mengundang aroma yang tidak sedap pada kamarmu. Selain itu juga akan mengundang beberapa penyakit karena handuk yang digunakan tidak benar-benar kering.

  • Jangan sering mencampurkan baju bersih dan kotor

Ketika kita di dalam kamar kost biasanya kita lebih sering tinggal sendiri, dan itu berarti barang yang kita miliki hanya kita yang tau. Biasanya beberapa orang yang ada di kamar kost karena terburu-buru atau sudah lelah meletakkan barang itu semaunya. Contoh kecilnya baju, biasanya baju diletakkan berserakan dengan ketidaktahuan apakah baju itu bersih atau kotor.

  • Malas mengganti keset yang basah

Ketika kamu memiliki kamar kos sendirian dan memiliki fasilitas kamar mandi di dalam. Ada baiknya kamu harus selalu menjaga kebersihan kamar mandi tersebut, kamu harus sering menjaga kebersihannya dan kenyamanannya. Jangan sampai bau yang tak sedap, atau pun beberapa hewan berkeliaran di sekitar kamarmu menjadi penghuni yang siap mendampingimu. Pastinya kamu jijik bukan?

Nah itu dia 5 kebiasaan buruk yang harusnya tidak kamu lakukan di kamar kost. Ada baiknya kamu selalu memperhatikan kebersihan dan keamanan kamar kost. Jangan sampai kamu bersikap bodo amat dengan kebersihan dan keamanan kamar kost, karena kedua hal tersebut menjadi faktor kenyamanan selama tinggal di kota rantauan.