5 Jenis Makanan Pemicu Rematik yang Harus Dihindari

19

Rheumatoid arthritis atau yang biasa disebut dengan penyakit rematik, biasanya diderita orang-orang yang berusia lanjut atau lansia. Namun jangan salah, penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak dimana diketahui bahwa wanita lebih berisiko 2-3 kali dibandingkan dengan pria.

Penyakit rematik adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh gangguan autoimun (berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh/imun), dimana sistem imun ini menyerang sel-sel sehat yang ada pada tubuh sehingga menyebabkan terjadinya radang, rasa nyeri, kaku, bahkan bengkak pada sendi.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini, antara lain faktor usia, asam urat, mengkonsumsi alkohol, osteoporosis ditambah dengan pola makanan yang tidak sehat, menjadikan penyakit ini bisa saja terjadi. Selain penyebab-penyebab di atas, penyebab lainnya yang dapat memicu rematik adalah konsumsi makanan yang salah dan berlebihan. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari bagi pengidap rematik antara lain :

1. Seafood

Untuk sebagian orang, seafood adalah makanan yang sangat menggugah selera, rasanya gurih menjadikan jenis makanan ini cocok dijadikan beberapa olahan yang nikmat. Sayangnya, tidak bagi orang yang mengidap penyakit rematik.

Seafood justru menjadi salah satu pantangan yang harus dihindari sebab beberapa jenis seafood apabila dikonsumsi maka akan menyebabkan munculnya gejala atau kambuhnya penyakit rematik. Jenis seafood yang menjadi pantangan adalah kepiting dan udang.

2. Jeroan

Jeroan atau khas dalam hewan (sapi, kambing) seperti hati, usus, ampela, jantung dan otak juga adalah salah satu makanan yang dapat memicu kambuhnya rasa nyeri pada pengidap rematik.

3. Sayuran

Meskipun sayuran adalah makanan yang sangat menyehatkan bagi tubuh kita, namun bagi yang mengidap penyakit rematik, tidak semua jenis sayur bisa mereka makan. Hal ini dikarenakan beberapa jenis sayuran ini mengandung zat purin (zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup) yang sangat tinggi yang jika dikonsumsi oleh pengidap rematik maka akan memicu sakit pada sendi. Sayuran yang dimaksud antara lain : bayam, jamur, kembang kol, dan sawi.

4. Santan

Santan menjadi pantangan lainnya bagi pengidap rematik. Santan yang mengandung zat purin, zat rin yang tinggi serta mengandung banyak zat kolesterol membuat santan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh pengidap rematik karena dapat memicu rematik menjadi aktif.

5. Daging kambing

Tidak hanya terdapat pada sayuran. Zat purin juga terdapat pada olahan daging kambing. Kandungan purin serta kandungan kolesterol yang cukup tinggi membuat pengidap rematik harus lebih berhati-hati untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Itulah makanan-makanan yang harus dihindari bagi pengidap penyakit rematik. Sebab beberapa dari makanan tersebut mengandung zat purin dan kolestrol yang dapat memicu gejala atau kambuhnya penyakit rematik. Selama bisa membatasi dan mengatur pola makan secara baik, penyakit rematik tidak akan kambuh.