5 Inovasi Helm Terbaru yang Patut Diapresiasi

14

Anak bangsa Indonesia ternyata banyak sekali yang inovatif, ternyata banyak juga anak-anak indonesia yang menciptakan suatu benda yang baru dan berguna bagi masyarakat dan dunia luar. Membanggakan Indonesia tentunya, dan banyak menginspirasi anak-anak muda dewasa ini untuk selalu berpikir kritis dan berkarya sesuka hati.

Karya anak bangsa yang menakjubkan dan memiliki arti yang bernilai, contohnya saja helm. Ternyata, helm bisa dimodifikasi sedemikian rupa sehingga sangat dilirik dan dikagumi banyak orang.

Helm bisa dimodifikasi sedemikian rupa dan multi fungsi, tak heran jika banyak kalangan menginginkan helm ini. Seperti apakah inovasi helm yang banyak dibicarakan oleh netizen. Yuk simak selengkapnya:

  1. Helm dengan inovasi pendingin

Apa jadinya jika helm dibentuk sedemikian rupa dan kegunaan. Tak tanggung-tanggung tingkat kreativitas anak bangsa. Kali ini ia berhasil menciptakan suatu helm serbaguna , yang sangat diidam-idamkan oleh berbagai kalangan.

Tujuan diciptakannya helm ini adalah agar para pengendara tak lagi merasakan panas akibat berkendara pada siang hari. Selain itu helm ini juga memiliki daya serap air yg tinggi. Dan uniknya lagi, yaitu saat digunakan, helm ini bisa mencapai suhu permukaan hingga 9 derajat celcius.  Kreasi inovatif ini dibuat oleh Linus Nara Pradhana yang merupakan siswa SMP Kristen Petra 5 Surabaya.

Anak berbakat ini tak hentinya membuat karya yang inovatif:)
  1. Helm anti terkena gegar otak

Kali ini ada inovasi yang tentunya sangat diingini oleh banyak orang, apalagi kalau bukan helm dengan inovasi pendingin. Suhu awal yang terdapat dalam helm awalnya 32,2 derajat celcius, kemudian bisa turun mencapai 11,5 derajat celcius.

Di dalam helm terdapat liquid yang berguna untuk pengompres kepala.  Helm anti terkena gegar otak ini juga dibuat oleh Linus sang pencipta helm dengan inovasi pendingin, loh.

tak puas hanya dengan satu karya, Linus pun mencoba membuat inovasi helm anti gegar otak.
  1. Helm dengan lampu sein

Inovasi menarik lainnya yaitu kreasi helm dengan dilengkapi lampu sein. Sang kreator membuat helm ini karena untuk mengantisipasi ketika lampu sein tertutup oleh hujan atau muatan yang banyak di belakang motor.

Dan menariknya, cara penggunaannya pun sangat mudah yaitu hanya dengan melihat ke kanan maka lampu sein akan menyala, dan juga sebaliknya. Inovasi ini dirancang oleh Archel Valiano dan Naufal Rasendriya Apta yang merupakan  siswa SMP AL Azhar Yogyakarta.

Helm dengan inovasi lampu sein
  1. Helm ber-alarm

Kali ini juga merupakan inovasi yang bertujuan demi keamanan berkendara, salah satunya yaitu inovasi helm ber-alarm. Cara kerjanya yaitu helm akan berbunyi jika kancing helm belum terpasang dan berhenti jika helm sudah terpasang dengan benar. Karya ini dibuat oleh siswa SMP Muhammadiyah 12 Paciran Lamongan, yaitu Rizal Maulana, Rofiul Muzakki dan Nizam Burhanuddin.

kebangaan tersendiri karena berhasil menciptakan suatu karya inovasi.
  1. Helm Pintar

Helm ini di inovasi sedemikian rupa agar terhubung langsung dengan motor. Helm ini juga disebut dengan nama Safey Check Rider (SCR) Nebula, yang dirancang agar motor tidak dapat dihidupkan apabila helm belum dipakai dengan baik hingga terdengar bunyi klik.

Helm pintar ini dibuat oleh Diana Sulistiani, Dimas Khumaedi, Maulana Aziz Saputra, Arif Saefulah dan Jhoni Kuncoro yaitu siswa siswi sekolah di Jateng binaan Astra Motor.

helm pintar buatan anak SMK

Itulah beberapa helm yang di inovasi agar lebih berguna, keamanan terjaga dan tentunya keren jika digunakan. Karya putra-putri Indonesia yang membanggakan, tak heran jika ternyata Indonesia masih menyimpan orang-orang hebat yang nantinya akan bisa menggebrak dunia, semoga saja. Karya-karya diatas wajib kita hargai dan memberikan rasa kagum yang luar biasa.