5 Ide Inovasi untuk Perusahaan agar Lingkungan Kerja Tidak Membosankan

127

Pekerjaan yang efektif bergantung pada lingkungan sekitar pekerjaan anda. Lingkungan yang bagus akan mempengaruhi mood anda untuk lebih giat dan merasa nyaman dalam melakukan tugas-tugas yang akan dikerjakan.

Sudah menjadi hal yang wajar apabila anda merasa bosan dan jenuh terhadap pekerjaan yang kesannya setiap hari melakukan hal yang sama atau lebih dikenal dengan monoton, tidak ada perubahan. Semua yang dilakukan akan terasa salah atau tidak nyaman dengan siatuasi yang ada.

Misalkan anda mengerjakan suatu pekerjaan lebih cepat sehingga bisa santai terlebih dahulu tetapi pada kenyataannya anda akan lebih cepat bosan karna tidak melakukan apa-apa, dan hanya berdiam diri saja. Tetapi, jika anda sedang dalam waktu bekerja yang sibuk sehingga tidak bisa bersantai, bisa saja anda kehilangan fokus dalam bekerja. Seems like complicated life:)

Maka dari itu anda tidak boleh hanya berpangku tangan menerima kehidupan yang mau tidak mau harus anda jalani. Cobalah membuat beberapa inovasi baik untuk diri anda pribadi maupun inovasi dalam perusahaan. Seperti yang dikatakan diawal lingkungan yang bagus, akan membuat mood bekerja yang bagus.

Beberapa inovasi yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan demi selalu menjaga kinerja para pegawainya:

  1. Re-design Kantor anda.
Nuansa rapi dan bersih memberikan kenyamanan bekerja

Kantor yang unik akan terasa nyaman, seolah tidak sedang bekerja. Terlebih lagi di era digital pada saat ini, para karyawan ingin bekerja dengan nuansa lingkungan yang nyaman bahkan mereka tidak merasa bahwa sedang bekerja. Buatlah kantor anda semenarik dan senyaman mungkin.

Kantor yang terkesan terlalu formal dan biasa saja akan membuat siapa saja merasa cepat bosan. Cobalah dengan mendesign ulang dengan menggunakan nuansa Shabby Chic, Retro, Rustic, Nuansa era 80/90an, atau bisa juga dengan nuansa masa depan. Semua tergantung pilihan anda.

2. Membuat lingkungan kerja menjadi lebih sehat
Lingkungan yang sehat adalah poin penting dalam bekerja

Lingkungan yang sehat tidak hanya di dapat dari rumah atau area tempat tinggal saja, tetapi area tempat bekerja pun harus memiliki ruangan yang sehat. Mungkin dengan cara menambah tumbuhan hidup di dalam ruangan atau bisa juga sebagai alternatif membuat tanaman hidroponik. Kemudian bisa dengan meminimalisir penggunaan pendingin ruangan dengan menggunakan udara alami yang didapat dari jendela yang terbuka serta ventilasi ruangan.

3. Buat dinding hidup dengan kalimat motivasi
Change the plan sometimes

Menambah keindahan ruangan dengan merangkai kalimat motivasi. Selain memberikan kesan yang enak dipandang mata, hal tersebut juga lebih membangun rasa tentram dan membuat pikiran jernih.

4. Membuat satu ruangan sebagai tempat bersantai
Cozy area makes your work more efficient

Membuat sebuah aula ataupun ruangan sebagai tempat bersantai yang bisa digunakan apabila pada saat jam istirahat sedang tidak ingin pergi keluar. Mungkin bisa ditambahkan dengan sebuah tv untuk menonton, atau menambahkan area bermain/game, atau mungkin hanya tempat beristirahat sejenak melepas lelahnya bekerja.

5. Membuat sarana belajar atau olahraga
Bak kata pepatah, belajar tidak mengenal batasan usia. Dimanapun dan Kapanpun:)

Akan lebih baik jika perusahaan memiliki tempat seperti perpustakaan yang tentunya akan sangat berguna bagi para pegawai yang membutuhkan ide-ide kreativitas atau sebagai media belajar dikantor. Selain itu sarana olahraga mungkin bisa dijadikan pertimbangan karena bekerja pun harus diimbangi dengan berolahraga.

Masih banyak lagi inovasi yang bisa diterapkan dalam membuat lingkungan kerja yang baik sehingga membuat tidak cepat bosan. Apakah anda juga memiliki ide bagaimana cara membuat lingkungan kerja yang nyaman? silahkan diterapkan langsung pada perusahaan-perusahaan tempat anda bekerja.