5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Setelah Berlari

24

Berlari merupakan salah satu olahraga yang sangat sering dilakukan oleh orang-orang saat ini, dengan segudang manfaat kesehatan yang diperoleh serta membutuhkan biaya yang murah membuat olahraga berlari menjadi kegiatan yang sangat digemari. Dengan banyak manfaat yang dihasilkan dimana salah satunya adalah menyehatkan jantung olahraga berlari juga membuat badan lebih segar bugar. Olahraga berlari merupakan olahraga yang akan memacu jantung bekerja lebih dari biasanya, hal ini menyebabkan banyak orang langsung beristirahat selepas berolahraga. Berikut merupakan hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah berlari:

  • Tidak minum air

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan berlari tubuh akan berkeringat, air akan mengganti cairan tubuh yang keluar saat berolahraga. Dengan minum air juga dapat mengurangi rasa lelah selepas berlari. Banyak orang sering melupakan kegiatan yang sederhana ini.

Banyak Orang sehabis berlari langsung beristirahat tanpa segera minum air. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan tidak fokus terhadap sesuatu. Selain sebagai pengganti cairan tubuh, air juga dapat membuat otak lebih bekerja lebih baik. Maka dari itu jangan lupa untuk segera minum air!

  • Tidak segera mandi

Pada saat mandi kita pasti akan merasa badan kita segar dan bersih. Banyak orang enggan untuk mandi, apalagi setelah berolahraga. Padahal setelah berolahraga tubuh kita akan berkeringat dimana hal tersebut menyebabkan banyak bakteri hinggap di tubuh kita. Hal tersebut mengakibatkan akan munculnya bau badan, jerawat dan sebagainya. Dimana hal itu akan sangat menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh kita.

  • Lupa akan pendinginan

Hal yang wajib dilakukan sebelum berolahraga adalah pemanasan. Pemanasan dilakukan agar otot kita tidak terkejut sehingga mengalami kram. Selesai berolahraga seharusnya kita tidak melupakan pendinginan. Banyak orang lupa melakukan pendinginan padahal hal ini tidak kalah penting seperti pemanasan.

Pendinginan dilakukan dengan tujuan merelaksasikan tubuh kita setelah berolahraga, selain itu pendinginan juga berfungsi untuk menormalkan kembali denyut jantung kita. Apabila setelah berlari kita tidak melakukan pendinginan dan langsung istirahat maka dapat mengakitbatkan tubuh kita menjadi kaku.

  • Makan

Merupakan hal wajar apabila setelah berolahraga kita merasa lapar. Tetapi langsung makan seusai berlari tidak dianjurkan. Selain bertujuan untuk membuat badan lebih sehat, banyak orang bertujuan untuk membuang kalori yang ada dalam tubuh. Bagaimana jika kita langsung makan sehabis berlari?

Tentu saja hal itu akan mengakibatkan kalori yang sudah susah payah kita buang digantikan dengan kalori yang kita makan. Apalagi apabila makanan yang kita makan memiliki kandungan lemak yang banyak setelah berlari. Hal itu akan menyebabkan lemak yang awalnya ingin kita hilangkan malah akan digantikan oleh lemak yang baru.

  • Melipat kaki saat duduk

Pada saat selesai berlari kita cenderung akan duduk, akan tetapi sangat tidak dianjurkan apabila pada saat duduk kita melipat kaki kita. Selepas berlari memang menyebabkan tubuh kita lemas. Tetapi usahakan untuk tidak duduk dengan melipat kaki setelah berlari.

Banyak peneliti telah membuktikan bahwa duduk dengan melipat kaki menyebabkan atropi pada otot kaki. Akibatnya akan muncul urat menonjol dibagian betis berbentuk seperti simpul atau dalam ilmu medis disebut penyakit varises. Hal ini memang bukan penyakit yang serius tetapi varises pastinya akan mengurangi keindahan kaki kita terutama bagi kaum perempuan yang sangat memperhatikan penampilan tentu tidak ingin mengalaminya.