5 Hal yang Pasti dialami Mahasiswa Semester Lima

38

Ibaratkan sebuah gunung, maka semester lima adalah puncaknya. Puncak kejenuhan mahasiswa bukan masa skripsi atau tugas akhir, tetapi pada semester lima, dimana mahasiswa merasa rentan akan kata menyerah. Berikut yang pasti dirasakan mahasiswa semester lima.

1. Merasa Salah Ambil Jurusan

Kamu termasuk gak? Biasanya mahasiswa semakin tinggi semesternya semakin sadar kalau dia salah ambil jurusan. Bagaimana tidak, semester satu biasanya nilai lumayan bagus, meskipun nilai jelek masih bisa dianggap percobaan. Kemudian coba satu semester lagi lalu coba lagi sampai kamu merasa sudah terlalu terlambat untuk memulai lagi dari awal alias pindah jurusan.

2. Pernah Mikir Nikah aja daripada Kuliah

Jika kamu sudah di tahap ini, ingat kalau orang tua kerja banting tulang demi membiayai kuliah kamu. Terus kalau kamu nikah emangnya beban kamu akan berkurang? Tidak, tentunya beban kamu akan bertambah lagi.

3. Jenuh dengan Tugas yang Menumpuk

Rasanya semakin hari semakin banyak tugas yang diberikan dosen. Akhir pekan tak lagi diisi dengan liburan, melainkan dipenuhi dengan tugas-tugas yang tak kunjung selesai.

4. Mulai Berani Ambil Jatah Libur

Dulu waktu masih awal-awal kuliah, pasti takut banget dengan absen, takut nilainya dikurang, takut jatah libur habis sampai tak sempat untuk memakai jatah libur. Nah, yang sudah semester lima pasti tak akan sia-siakan jatah libur, kalau bisa semua harus dipakai alias dimaksimalkan.

5. Malas Mengerjakan Tugas

Kalau masih ada orang lain, kenapa harus aku. Hati-hati, penyakit ini seringkali merugikan orang lain. Kadang yang rajin sering jadi korbannya. Jika dulu masih rajin mengerjakan tugas, masuk semester lima mulai tumbuh rasa malasnya, dulu tetap datang meski cuma memperlihatkan muka. Sekarang kamu pasti lebih milih bayar uang print daripada ngerjain tugas.

Nah, lima hal itu biasanya yang sering terjadi kepada mahasiswa semester lima. Kalau bisa jangan sampai itu menimpa diri kamu, ingat tujuan kamu kuliah. Jangan karena jenuh kamu melupakan kewajiban kamu sebagai mahasiswa. Mahasiswa semester lima jaga kesehatan ya.