5 Hal yang Membuat Hidupmu Tidak Bahagia

15

Menjalani kehidupan itu pasti akan menjumpai pasang surutnya kesenangan dan kesedihan. Kadang beberapa hal mampu membuat kamu girang dan sangat senang karena sudah meraihnya. Tapi lebih seringnya, dibuat sedih berkepanjangan yang tiada habisnya. Seolah-olah dunia sangat tidak berpihak kepadamu, sampai-sampai kamu ingin putus asa dibuatnya.

Sebenarnya hidup ini simple, cara bahagia itu juga simple. Hanya kamu saja kurang memperhatikan hal-hal yang harusnya kamu hindari agar kamu hidup tentram. Berikut ulasannya :

1. Jarang bersyukur

Coba saja kamu berdiam diri. Sejenak menyendiri dan menghitung nikmat yang kamu terima sejak pagi hingga malam menjelang. Nikmat kesehatan, fisik yang sempurna, memiliki kedua orang tua yang selalu ada untukmu dan selalu kecukupan setiap harinya. Pasti kamu akan malu terhadap dirimu sendiri dan kepada Tuhan pastinya. Karena kamu sering merengek seolah-olah kamu adalah makhlukNya yang tidak beruntung. belajarlah bersyukur setiap hari, pasti hatimu akan terasa lebih lega.

2. Terlalu banyak angan-angan

Yang kedua, kamu sering membayangkan hal-hal yang terlalu tinggi dan sulit kamu jangkau. Kamu berekspektasi terlalu tinggi, sampai-sampai timbul perasaan di hatimu sendiri bahwa kamu adalah manusia yang kurang beruntung dan tidak memiliki apa-apa.

3. Punya keinginan tetapi tidak mau berusaha

Ini yang lebih berbahaya. Kamu terbang tinggi-tinggi, namun tiba-tiba jatuh karena dirimu sendiri. Kamu mempunyai banyak mimpi dan yakin akan meraihnya. Namun kenyataannya, kamu tidak dapat meraihnya. Kemudian kamu sangat kecewa, seolah-olah kamu gagal. Padahal semua dari awal memang sudah gagal karena kamu tak berniat sedikitpun mengusahakannya.

4. Membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain

Sebuah pepatah menyebutkan, bunga mekar tidak akan bersamaan meskipun dalam satu tanaman. Jangan banding-bandingkan.

Setiap manusia diberi jatah berproses masing-masing oleh tuhan dengan jalannya sendiri-sendiri. Jangan membandingkan kehidupanmu dengan orang lain, belum tentu temanmu yang terlihat mapan dan bahagia tidak menemui kesedihan seperti yang kamu inginkan. Ingat, “urip iku sawang sinawang“.

5. Mudah terpengaruh omongan dan penilaian orang terhadap diri sendiri

Jangan hanya penilaian orang lain terhadapmu, membuat kamu down dan berputus asa. Biarkan saja mereka berkata sesuka hatinya tentangmu, tapi jangan sedikitpun kamu terpengaruh.

Toh, yang menjalani hidupmu adalah dirimu sendiri. Mereka hanyalah netizen yang kepo dengan kehidupanmu. Jangan sedikitpun sedih jika mereka menilaimu dengan hal buruk. Abaikan saja.