5 Hal yang Dilarang Saat Mengendarai Mobil, Termasuk Pindah Gigi Mobil Tanpa Tekan Kopling

13

Pengemudi bisa dibilang sebagai sistem penggerak mobil dan ia harus memahami serta mampu menyetir mobil dengan baik. Semahir-mahirnya orang yang mengendarai mobil manual, bisa saja suatu saat ia melakukan sebuah kesalahan. Akibatnya adalah usia komponen mobil menjadi lebih pendek dibanding seharusnya. Nah, berikut ini ada lima hal yang mesti dihindari ketika mengendarai mobil manual, yaitu:

  • Meletakkan Kaki di Pedal Kopling

Ini yang paling sering pengemudi lakukan, yakni meletakkan kaki di pedal kopling. Kebanyakan pengemudi beralasan agar lebih siap ketika harus mengganti gigi. Ini adalah suatu kebiasaan buruk yang mesti dihindari.

Walaupun seorang pengemudi yakin tidak menekan pedal, pada kenyataannya kaki tetap memiliki bobot tersendiri yang menjadi beban pada pedal kopling. Sekecil apa pun tekanan, bisa terjadi slip. Jika slip terjadi dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan kopling lebih cepat haus. Sehingga lebih boros bahan bakar.

  • Mengistirahatkan Tangan di Tuas Transmisi

Sama halnya dengan meletakkan kaki di pedal kopling, kebiasaan mengistirahatkan tangan di tuas transmisi pun harus dihindari. Salah satu yang mesti diingat oleh para pengemudi adalah tuas transmisi bukanlah armrest. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, dapat memberikan dampak buruk pada gearbox transmisi.

Sebab, jika terjadi tekanan pada tuas transmisi, akan mengakibatkan selector fork kontak dengan collar dalam keadaan berputar. Hasilnya, selector fork lebih cepat rusak.

  • Menahan Kopling dan Gas Agar Mobil Berhenti

Saat sedang mengemudi, lalu kondisi macet, seorang pengemudi terpaksa stop and go. Jangan coba-coba menyeimbangkan tekanan gas dan kopling supaya mobil terhenti karena bisa merusak seluruh sistem transmisi.

  • Mulai Menjalankan Mobil Tanpa Gigi 1

Ketika berhenti di jalan karena kondisi lalu lintas sedang macet, seorang pengemudi biasa lupa menurunkan gigi. Lantas, ketika akan mulai jalan kembali, posisi transmisi berada di gigi 2 atau 3. Padahal, hal tersebut bisa membuat beban transmisi lebih berat.

Biasakan untuk selalu menurunkan posisi transmisi ke netral dan mulailah jalan dengan memindahkan posisi ke gigi 1.

  • Pindah Gigi Tanpa Tekan Kopling

Kebiasaan ini sering terjadi pada pengemudi pemula, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada pengemudi yang sudah berpengalaman. Memindahkan gigi tanpa tekan kopling, bisa berdampak buruk pada mesin dan transmisi. Bahkan, jika terlalu sering, gear transmisi bisa rusak parah.

Itulah beberapa hal yang mesti dihindari para pengemudi jika sedang mengendarai mobil manual. Jangan pernah lakukan hal-hal di atas karena bisa menjadi suatu kebiasaan buruk. Selain itu, jika terus dibiarkan dan menjadi kebiasaan buruk, bisa berakibat fatal pada komponen transmisi ataupun mesin mobil. Alhasil, mobil menjadi gampang rusak dan pengemudi harus mengeluarkan uang untuk hal yang seharusnya tidak perlu.