5 Hal yang Bakal Dirasakan Anak Kost yang Jauh dari Orang Tua

9
anak kost

Menjalani hidup di perantauan memanglah tidak mudah. Terlebih ketika menjadi anak kos. Yang terpaksa harus jauh dari keluarga dan mandiri mengatur kebutuhan sehari-hari, mulai dari memikirkan apa yang kamu makan nanti, dengan siapa dan bagaimana kondisi keuanganmu. Demi apa lagi kalau bukan demi cita-cita hingga rela berjauhan dengan rumah. Namun tanpa kamu sadari, kamu meraup banyak pengalaman selama menjalani hari-hari sebagai anak kos. Berikut 5 hal yang bakal dirasain anak kos:

  • Dengan menjadi anak kos, kamu terlatih mengatur keuangan

Tantangan yang cukup berat dihadapi anak kos adalah ketelatenan mengolah keuangan. Jika benar-benar tidak cerdik mengolah pengeluaran dan kalap dengan berbagai barang pemuas yang sedikit kurang berguna, alamat harus gigit jari karena uang sudah menipis. Karena anak kos, rata-rata mendapat kiriman uang dari orangtua di awal bulan atau gajian di awal bulan. Sebab itulah, karena sudah terbiasa mengolah keuangan kamu bisa terlatih memanajemen keuangan dengan baik.

  • Kamu juga bisa belajar menjadi pribadi mandiri dan tahan banting

Terpaksa atau tidak, jauh dengan keluarga adalah sesuatu yang cukup getir. Terlebih saat menjadi anak rantau. Jika dulu saat kamu sedang sakit atau hanya sekedar panas saja, ibumu dengan siaga merawatmu dengan kasih sayangnya. Namun saat kamu sudah di perantauan kamu harus menyelesaikan semua masalahmu sendiri. Kamu harus bertanggungjawab menjaga kesehatanmu agar tidak sakit dan merepotkan tetangga kamarmu.

  • Karena banyak pekerjaan, terpaksa kamu menunda jadwal pulang padahal sudah rindu orang tua

Akhir pekan adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Selain karena libur dari berbagai aktivitas yang melelahkan. Kamu berkesempatan melepas rindu dengan keluarga. Namun, semua tak selamanya sesuai rencana. Kadang kala, karena tugasmu yang menumpuk, terpaksa harus gigit jari tinggal di tanah perantauan sementara waktu. dan menunda melepas rindu dengan keluarga.

  • Mendapat keluarga kedua di tanah rantau

Namun, ada enaknya juga ketika menjadi anak rantau. Meskipun jauh dengan keluarga, kamu juga bisa menemukan saudara baru di sana. Mulai dari teman kuliah, teman kerja, ibu kos dan keluarganya sampai teman sekamarmu yang baik dan selalu kocak melewati hari-hari bersamamu.

  • Akrab dengan mie instan dan makanan cepat saji lainnya

Karena uang menipis, terpaksa kamu harus bersahabat dengan mie instan berbagai rasa setiap malam. Sebenarnya ini kurang sehat. Namun mie instan dan anak kos adalah dua hal yang tidak dapat di pisahkan. Walau bagaimanapun, berterima kasihlah kepada mie instan yang menolongmu kala lapar melanda. Dan kamu tetap semangat mengerjakan deadline.

Itulah sahabat dori, artikel tentang 5 hal yang dialami anak kos. Untuk pejuang perantauan tetap semangat menggapai cita-cita ya.