5 Hal Sederhana yang Dapat Membahagiakan Orang Tua

19
orang tua

Sudah kewajiban setiap anak membahagiakan kedua orang tuanya. Sebab merekalah yang rela menaruhkan seluruh usianya demi membesarkan anak. Mereka rela menjadikan siang dan malamnya untuk bekerja demi anak bisa memakai seragam sekolah dan dapat meraih cita-citanya. Peran orangtua memang sangatlah berarti.

Jika kamus sedang dilanda bingung hal apa yang pantas dilakukan untuk membalas semuanya, sebenarnya tidak ada. Emas segunung pun tidak dapat ditukar dengan jasa orangtua yang sedari kecil merawat anaknya. Namun, berikut ini 5 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan kedua orangtua, yuk simak!

  • Orangtua ingin menyaksikan kesuksesanmu

Anak adalah sumber kebahagiaan orang tua. Orangtua rela banting tulang demi memenuhi semua kebutuhan putra putrinya. Tidak heran, melihatmu berdiri gagah di gerbang kesuksesan saja kedua matanya berkaca-kaca. Syukur tak hentinya mereka lantunkan melihat buah hatinya bertumbuh dengan baik dan menjadi orang yang berguna.

  • Melihat kamu bahagia dengan hidupmu

Sering kita jumpai sebuah kalimat “aku boleh hidup susah, asal anakku bisa bahagia di masa depannya.”

Kalimat tersebut tidak lain adalah ucapan kebanyakan orangtua yang rela bekerja keras demi menyekolahkan putra-putrinya agar menjadi orang sukses. Agar di masa depannya ia tidak perlu hidup susah dengan finansial yang serba pas-pasan.

Melihatmu bahagia saja itu sudah lebih dari cukup untuk kedua orangtuamu, bahkan mereka tak mengharap sedikitpun pemberian dari buah kesuksesanmu.

  • Menghabiskan sebagian liburan bersamamu dan keluarga

Sepadat apapun jadwal keseharianmu, jangan sedikitmu melewatkan waktu berharga bersama kedua orangtuamu. Jika perlu atur jadwal untuk menengoknya satu minggu sekali di akhir pekan. Ajak ayah dan ibu ke tempat yang belum mereka datangi dan ceritakan banyak hal tentang tempat itu. Dengan sangat antusias dan penuh kegembiraan mereka pasti sangat senang karena kamu bersedia meluangkan waktu bersama mereka. Jika dulu saat kamu masih kecil kedua orangtuamulah yang rutin mengajakmu jalan-jalan dan mencoba berbagai wahana permainan di tempat wisata. Sekarang sudah saatnya giliranmu.

  • Diberi oleh-oleh meskipun benda-benda yang sederhana

Sisihkan sebagian uangmu untuk membelikan buah tangan untuk kedua orangtuamu. Berilah benda yang mereka sukai ataupun makanan favoritnya. Dengan begitu mereka sangat terharu dengan perhatian yang kamu berikan. Bahkan kadang, mereka tetap memberimu uang untuk mengganti biaya yang kamu keluarkan dengan alasan tidak tega.

  • Ajak berbicara dan berilah kabar bahagia

Jangan terpaku dengan rutinitas padat dan target terus menerus, sehingga membuatmu melupakan satu hal yang amat penting. Menjaga komunikasi dengan kedua orangtua sangatlah penting. Saat kamu masih kecil dan belum bisa bicara, kedua orangtuamulah yang selalu mengajakmu bicara, saat kamu sudah tumbuh dewasa itu sudah tugasmu membalasnya.

Berikan kabar bahagia tentang banyak hal yang ada pada dirimu, mulai prestasi yang kamu raih, kebaikan yang kamu lakukan, teman-temanmu yang banyak dan baik dan beberapa hal lainnya. Mereka sangat antusias dengan cerita-ceritamu apapun itu.

Itulah dori, artikel cara sederhana membahagiakan kedua orangtua. Semoga bermanfaat.