5 Hal Penting yang Harus Diketahui Anak Muda agar Tidak Ketinggalan Zaman

69

Anak muda atau generasi millenial saat ini adalah agent of change. Dimana para generasi penerus bangsa ini yang akan membuat dan membawa perubahan bagi indonesia. Seperti pengusaha dengan bisnis tergolong unicorn telah lebih banyak hadir di tahun 2018 bahkan terus berkembang hingga 2019 dan seterusnya sehingga timbul banyak peluang kerja bagi masyarakat indonesia sendiri.

Perubahan tersebut bermula dengan peranan anak bangsa yang mampu berkarya dengan sangat baik. Tapi disini saya tidak akan membahas seputar bagaimana perubahannya, namun lebih membahas ke beberapa hal yang wajib di ketahui oleh anak muda tentunya. Apalagi saat ini Era teknologi sedang berkembang pesat bahkan sudah memasuki era industri 4.0.

Memasuki perkembangan pesat inilah maka beberapa pesan para sukses besar perlu diperhatikan untuk menjadi pertimbangan bagi mahasiswa/i yang kuliah atau bahkan anak muda yang memiliki bekerja hingga bisnis. Berikut penjelasannya :

1. Jadilah dirimu sendiri

Beberapa orang memilih untuk melakukan apa yang biasa dilakukan oleh tokoh-tokoh sukses seperti Bill Gates, Jack Ma, Merry Riana, dsb. Namun tahukah kamu, perbedaan antara anda dengan tokoh sukses? Perbedaannya adalah anda bukan mereka sehingga saat anda ingin melakukan sesuatu mengenai keputusan dalam hidup. Maka Jangan lupakan diri anda sebenarnya karena berpura-pura menjadi orang lain itu melelahkan.

Seperti Jennifer lopez pernah mengatakan, “Tidak ada yang yang tahu apa isi hati anda, hanya anda yang tahu kebenaran hati anda hanya anda yang tahu. Bahkan apa yang bisa anda anda capai, potensi maksimal anda hanya anda yang tahu. Jadi apapun yang terjadi ikuti intuisi dan hati anda.”

2. Carilah Passionmu

Passion yang anda punya saat ini merupakan hal yang biasanya anda sukai. Jika anda menyukai suatu hal bahkan senang tanpa terasa lelah itu merupakan energi besar dalam menggapai cita-cita suksesmu. Apapun yang kau lakukan hari ini merupakan investasi di masa yang akan datang.

3. Temukan tujuan hidupmu

Tujuan hidup adalah arah dimana anda akan melangkah. Mengenali tujuan akan membantu anda dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait akan menjadi apa anda di kemudian hari. Temukan tujuanmu agar hidup terasa lebih bermakna seperti kata

4. Teruslah Belajar meskipun tidak setiap hari

Tokoh besar yang saat ini telah berkarya dan menghasilkan teknologi luar biasa dalam membantu masyarakat di seluruh dunia. Semua tidak terlepas dari belajar yang terus menerus. Namun ingatkah anda jika terasa lelah dengan kuliah anda. Pesan dari Bill Gates, “Boleh ikuti saya tapi tidak dengan drop outnya.”

5. Jangan Lupakan Takdir

Atas semua kegagalan yang pernah terjadi dalam hidupmu, bahkan terasa sakit. Apapun itu sudah terdapat jalan dan takdirnya masing-masing. Tak perlu bersedih jika saat ini sedih karena setiap mendung akan ada hari cerah yang datang.

Lima hal penting di atas harus dimiliki dan diketahui anak muda, agar tidak ketinggalan. Perubahan terus berjalan jadi kita juga harus siap menghadapi perubahan yang lebih baik.