5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memutuskan untuk Resign Kerja

28

Resign atau keluar merupakan salah satu opsi bagi sebagian orang yang sedang mengalami masalah dalam lingkup kerjanya. Makna resign selalu dipandang kurang baik, karena biasanya kita berpikiran bahwa resign dilakukan karena mempunyai masalah dengan teman di tempat kerja, gaji yang kecil, deadline yang terlalu banyak dan tidak dibarengi dengan tambahan bonus.

Namun resign bukan masalah itu saja, biasanya beberapa orang memilih resign karena memiliki alasan tertentu, seperti:

  • Menikah. Beberapa perusahaan atau tempat kerja ada yang melarang karyawannya untuk menikah (bagi wanita), karena biasanya setelah menikah wanita lebih terfokus kepada rumah tangganya.
  • Hamil. Beberapa pekerja perempuan memilih resign dari tempat kerja bukan karena alasan yang sudah disebutkan tadi. Alasan resign pada saat hamil adalah untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Apalagi kalau perut si bumil (sebutan untuk ibu hamil) sudah mulai membesar.

Nah kira-kira ada nggak sih etika resign dari tempat kerja dengan cara yang baik? Jawabannya ada kok. Mau tahu gimana caranya? Ini dia jawabannya:

  • Lingkungan tidak sehat

Ketika kamu resign dari tempat kerja karena alasan mempunyai masalah dengan siapapun dan menurutmu itu sudah tidak sehat. Ada baiknya kamu memilih resign saja. Bukan karena alasan, jika kamu terus memaksakan diri kamu dikhawatirkan kamu sendiri yang akan tertekan karena pengaruh dari lingkungan sekitarmu.

  • Sudah membuat surat pengunduran diri 1 bulan sebelumnya

Membuat surat keputusan pengunduran diri 1 bulan sebelum resign juga perlu dilakukan. Mengapa? Supaya tempat kerjamu juga nggak kalap dan kaget banget saat kamu resign, sehingga mereka juga dapat mencari orang pengganti kamu nantinya.

  • Jangan lepas tanggung jawab

Ketika kamu ingin resign, usahakan jangan meninggalkan tanggungjawab yang masih jadi tanggungan untuk kamu. Kenapa? Jika kamu lakukan, justru ini akan memberatkan dan membebankan perusahaanmu atau tempat kerjamu. Apalagi bila tempat kerjamu sedang ribet menangani satu tander besar misalnya.

  • Selalu berhubungan baik

Ketika kamu sudah keluar dari tempat kerja, ada baiknya kamu selalu menjaga hubungan baik dengan orang-orang didalamnya. Jangan sampai kamu memutus hubungan baik yang sudah terjalin dalam kurun waktu yang cukup lama.

  • Berikan hasil karya terbaikmu

Ketika kamu resign dari tempat kerjamu, berikanlah satu hasil karya terbaikmu untuk dapat diikuti oleh karyawan lainnya dalam memajukan tempat kerja yang sekarang ini masih ditempati teman-teman kerjamu yang lain. Hasil karya itu bukan seperti pajangan atau hiasan dinding lainnya. Tetapi dalam bentuk loyalitas, sikap dan tanggungjawab, dan beberapa hal lainnya. Ini yang kadang jarang banget dilakukan orang sebelum resign.

Itu dia 5 hal yang sebaiknya dilakukan sebelum resign. Kok ribet banget ya? Ribet? Nggak ah. Justru beberapa cara di atas dianggap mudah banget dilakukan. Cobalah kita berikan kesan baik kepada lingkungan sekitar kita saat kita datang dan pergi dari tempat tersebut. Jangan sampai ada orang yang berpikiran buruk tentang kita. Semoga bermanfaat.