5 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Nggak Sampai 2000 Mdpl Loh!

34

Kayaknya naik gunung sudah jadi keinginan banyak orang deh sekarang. Tapi ini bukan kegiatan main-main yang dengan mudah dilakukan. Ya bukan berarti sulit juga sih, karena ini taruhannya nyawa. Kalian perlu persiapan yang matang sebelum melakukan pendakian gunung. Karena ini kegiatannya menyatu dengan alam jadi, kalian harus hati-hati dan pastikan perlengkapan logistic kalian mencukupi selama kegiatan kalian memuncak.

Oh iya, sebelum mendaki gunung yang ketinggiannya 3000an Mdpl kalian seorang pendaki pemula perlu banget nih belajar menaklukan gunung-gunung yang trek dan ketinggiannya masih bisa ditaklukan dalam hitungan tidak sampe enam jam an. Gunung apa saja ya yang cocok untuk pemula? Yuk simak!

1. Gunung Pulosari 1346 Mdpl

Yang pertama yang akan kita bahas disini yaitu gunung Pulosari yang terletak di Kabupaten Pandeglang provinsi Banten. Meskipun jalur menuju puncaknya lumayan bikin kaki pada pegel-pegel tapi pemandangan di atas sana benar-benar nggak bakal bikin nyesel deh. Dengan ketinggian 1346 Mdpl kalian Cuma butuh waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam untuk bisa mencapai puncak Gunung Pulosari loh. Wah lumayan singkat banget ya.

2. Gunung Pundak 1585 Mdpl

Yang kedua ada gunung Pundak yang terletak di Pacet Mojokerto Jawa Timur. Kalau disini kalian butuh waktu sekitar 2 jam mendaki untuk bisa mencapai puncak. Dan ketika sudah diatas kalian nggak bakal nyesel karena bakal disuguhi dengan pemandangan indah. Di puncak gunung pundak 1585 Mdpl kalian bisa melihat pemandangan gunung Penanggungan, gunung Buthak dan lainnya gengs.

3. Gunung Penanggungan 1653 Mdpl

Masih di Mojokerto provinsi jawa timur nih. Gunung Penanggungan dengan ketinggian puncaknya 1653 Mdpl. Gunung ini bisa kamu capai dalam waktu mendaki sekitar kurang lebih 4 jam an. Cocok banget buat pemula karena bisa belajar melewati trek jalur dengan kemiringan 70 derajat nih disini. Hati-hati ya guys.

4. Gunung Andong 1762 Mdpl

Berpindah ke provinsi Jawa Tengah tepatnya kabupaten Magelang. Gunung Andong dengan ketinggiannya 1762 Mdpl ini bisa kamu pijak puncaknya setelah mendaki selama 2 jam. Meskipun perjalanan mendaki tidak memakan waktu yang lama tapi keindahan puncak yang ditawarkan sangat cantik loh, coba aja.

5. Gunung Ungaran 2050 Mdpl

Gunung terakhir yang jadi rekomendasi untuk pemula yaitu gunung Ungaran di semarang jawa tengah dengan ketinggiannya 2050 Mdpl. Meskipun masih dibawah 3000an Mdpl tapi kalian yang akan mendaki ke sini perlu berhati-hati ya karena banyak yang bilang gunung Ungaran ini 2000 Mdpl tapi rasa 3000 Mdpl.

Nah itu tadi rekomendasi gunung yang cocok untuk didaki oleh pendaki pemula. Meskipun waktu pendakian yang diperlukan untuk mencapai puncak terbilang cukup singkat. Tapi kita tetap tidak boleh meremehkan apapun saat di perjalanan ya. Dan tetap harus membawa perlengkapan yang lengkap untuk muncak. Oke, selamat menikmati alam Indonesia yang indah dear.