5 Gedung Pencakar Langit yang Ternyata Ada di Indonesia

24

Setiap negara pasti memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga negara tersebut bisa dikenal oleh banyak negara lainnya. Gedung tinggi juga bisa menjadi landmark yang akan membuat sebuah negara menjadi lebih diketahui oleh orang-orang luar. Seperti contohnya Menara Petronas yang terdapat di Malaysia dan Burj Khalifa yang berada di Dubai telah menjadi symbol bagi negara tersebut. Sehingga rasanya tidak afdol jika pergi ke sana tidak berfoto di bangunan tersebut. Tapi, bukan hanya Malaysia dan Dubai saja yang mempunyai gedung pencakar langit. Indonesia juga punya, di Indonesia juga ada, gedung apa saja dan dimana saja ya? Yuk simak info lengkapnya.

1. Pakubuwono Signature

Yang pertama akan dibahas yaitu gedung Pakubuwono Signature yang bisa kalian kunjungi di jl. Pakubuwono VI no.72 kebayoran baru Jakarta selatan. Pakubuwono Signature dibangun dengan tinggi 252 meter diatas tanah seluas 4 hektar lebih. Gedung ini memiliki jumlah lantai sebanyak 50 yang baru selesai dibangun beberapa tahun lalu tepatnya tahun 2014.

2. Raffles Hotel

Selanjutnya ada gedung bernama Raffles Hotel yang tentu saja fungsinya adalah sebagai hotel. Lokasinya berada di alamat Ciputra World, Jl. Prov DR Satrio, Kuningan Jakarta Selatan. Gedung setinggi 253,3 meter ini difungsikan sebagai hotel dengan jumlah kamar 200 yang tersebar di 52 lantai. Gedung Raffles Hotel ini baru diresmikan pada 2015 lalu.

3. Gama Tower

Berlokasi di Jl. HR Rasuna Said kav C-22 Kuningan Jakarta. Gedung yang bernama Gama Tower ini berdiri dengan tinggi 288,6 meter dan jumlah lantai sebanyak 69. Wah tinggi banget ya. Gedung yang diresmikan pada tahun 2016 ini, selain menjadi gedung tertinggi di Indonesia ternyata juga menduduki peringkat ke 126 sebagai gedung tertinggi di dunia loh.

4. Wisma BNI 46

Berada di bilangan Jakarta pusat, gedung wisma BNI 46 ini dibangun tepatnya di Jl. Jendral Sudirman kav I Karettengsin tanah abang. Wisma BNI memiliki tinggi gedung 261,9 meter dengan jumlah lantai 61. Sebelum gedung Gama Tower dibangun, gedung wisma BNI ini merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia sejak 1996. Namun, saat ini tergeser oleh Gama Tower.

5. Sahid Sudirman Center

Masih berada di Jakarta, tepatnya di Jl. Jendral Sudirman no. 86 karet tengsin Tanah Abang. Gedung Sahid Sudirman ini dibangun dalam waktu 3 tahun. Gedung yang memiliki tinggi 258 meter dan jumlah lantai sebanyak 59 ini, diresmikan pada tahun 2012.

Wah nggak cuma di luar negeri kan, ternyata di Indonesia juga banyak banget gedung-gedung tinggi ya. Kebanyakan diantara gedung-gedung tinggi tersebut berada di ibu kota Jakarta. Dengan berbagai macam fungsinya, ada yang difungsikan sebagai hotel, kantor dan lain-lain. Apapun itu fungsinya, gedung ini telah mempercantik pemandangan kota dengan kehadirannya.