5 Game yang Berbahaya Untuk Anak, Orang Tua Wajib Waspada!

33

Bermain game menjadi salah satu kegiatan sehari-hari yang disukai oleh banyak anak-anak. Namun tidak semua game baik untuk dimainkan, bahkan beberapa diantaranya justru sangat berbahaya. Sebagai orang tua, kita juga harus mengetahui perkembangan game yang akan dimainkan anak sebelum mereka memainkannya.

Berikut adalah 5 game berbahaya yang harus dijauhkan dari anak-anak:

1. Mortal Kombat

Meskipun Mortal Kombat mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia, nyatanya permainan yang menyuguhkan pertarungan antara pemain ini memiliki banyak konten kekerasan yang seharusnya tidak dilihat oleh anak kecil.

Banyaknya adegan kekerasan di dalam game Mortal Kombat membuat game ini tidak layak dimainkan oleh anak-anak.

2. Grand Theft Auto

Grand Theft Auto atau lebih dikenal sebagai GTA merupakan salah satu game yang sangat laris manis di pasaran, begitu juga di Indonesia. Namun sayang, game ini sangat tidak disarankan untuk dimainkan anak-anak.

GTA bukan hanya mengandung unsur kekerasan, tapi juga terdapat beberapa perbuatan amoral di dalamnya yang mungin saja akan ditiru oleh anak-anak, seperti adegan mencuri dan perkosaan. Bahkan beberapa kasus penembakan yang terjadi di Amerika dengan pelaku dalam usia remaja diperkirakan diakibatkan karena efek dari permainan GTA yang sangat populer ini.

3. Left 4 Dead 2

Game yang mengusung tema horor ini memang cukup menegangkan untuk dimainkan. Namun game yang tidak mencantumkan label game 18 ke atas ini ternyata mengandung banyak unsur sadisme.

Beberapa visual dari game ini memperlihatkan adegan sadis seperti pemotongan bagian tubuh, sayatan luka, juga berbagai bentuk tubuh yang hancur lebur.

4. ManHunt

Game ManHunt sempat menimbulkan kehebohan di kota Leicester, Inggris. Hal ini akibat tewasnya seorang remaja berusia 14 tahun yang ditikam dan dipukul oleh remaja lain yang diduga mendapat inspirasi dari game ManHunt.

Game ManHunt memang menawarkan banyak adegan sadis yang membuat pemainnya merinding. Mulai dari aksi pemukulan, pembacokan, hingga penusukan yang tentunya menjadi contoh yang tidak baik untuk anak-anak.

5. Postal 2

Game Postal 2 hampir sama seperti GTA, hanya saja kualitas grafisnya tidak sedetail GTA. Namun tetap saja, Postal 2 sama berbahaya seperti GTA sehingga tidak layak dimainkan oleh anak-anak.

Postal 2 memberikan kemudahan bagi pemainnya untuk melakukan hal-hal yang melanggar norma, seperti buang air sembarangan ke orang lain, memutilasi, merampok, menggunakan obat-obatan terlarang, hingga melakukan adegan perkosaan di jalanan.

Itulah beberapa game yang sangat berbahaya untuk anak-anak. Memberikan kebebasan bagi anak untuk memilih permaina yang menarik bagi mereka boleh saja, namun sebagai orang tua, Anda harus lebih waspada dalam menyaring setiap hal yang ia gunakan.

Semoga artikel yang singkat ini menambah kewaspadaan Anda pada anak sehingga buah hati Anda terlindungi dari hal-hal yang buruk. Terima kasih.