5 Fakta Dibalik Meninggalnya Komedian Senior Nana Krip, Ini Ulasannya!

21

Indonesia kembali kehilangan sosok comedian yang melegenda di tahun 2019 ini. Dialah Rahmana Krip, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Nana Krip. Dia adalah seorang komedian professional yang namanya melambung di era 80 hingga 90an.

Nana Krip dikenal sebagai salah satu anggota Sersan (Serius Santai) Prambors yang kala itu sangat populer, maka dari itu kepergian Nana tentu menyisakan luka dan rasa kehilangan mendalam bagi fans Sersan Prambors.

Mulanya, kabar kepergian Nana Krip di dapat dari salah satu cuitan yang diunggah oleh Komika Ramon Papana lewat Twitter pribadinya,

Innalillahiwainnailaihi rojiun … berdukacita yang mendalam atas wafatnya Comedian Senior Indonesia Nana Krip pd 20 Feb 2019 di Jakarta Semoga segala amal ibadahnya diterima Allah SWY. amin…..

Sontak kabar tersebut membuat geger penikmat acara komedi Indonesai terutama bagi mereka yang menjadi fans dari Nana Krip. Cuitan tersebut merupakan kabar besar di dunia hiburan Indonesia karena kembali kehilangan satu orang legenda lagi.

Tepat pada dari Rabu, tanggal 20 Februari 2019, Nana Krip menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Barat karena mengidap suatu penyakit. Diketahui, Nana meninggal dikarenakan sakit komplikasi yang dia derita.

Krisna Purnawa, sahabat yang juga personel lain dari Sersan Prambors ini mengemukakan bahwa Nana selalu menolak untuk dirawat di rumah sakit, meski detik – detik kepergian beliau sempat mau dirawat selama beberapa hari.

1. Drop Sejak Istri Meninggal

Nana Krip Tinggal kenangan.

Semenjak vakum dari dunia entertainment dengan menjadi seorang comedian, nama Nana Krip sempat semakin jarang diperbincangkan. Bahkan saat sang istri meninggal dunia pada bulan November 2018 pun tak banyak media yang mencari kondisi dan keberadaan Nana.

Kenyataannya, kondisi fisik Nana semakin melemah semenjak kepergian sang istri. Ia mulai sering sakit – sakitan hingga terjangkit penyakit komplikasi. Ali Akbar, putra kedua Nana mengungkapkan bahwa kondisi sang Ayah sejak itu mulai kesulitan bergerak hingga tak mampu beraktivitas di luar rumah.

2. Infeksi paru – paru

Bersama keempat anggota Sersan Prambors lainnya.

Kini sudah banyak media yang meliput berita kepergian Nana Krip. Salah satu penyakit yang di idap komedian senior ini adalah infeksi paru – paru. Dikutip dari suara.com, Ali, putra kedua Nana menceritakan kronologi singkat sebelum ayahnya berpulang.

Ia bercerita bahwa sejak hari Kamis 14 Februari 2019, Almarhum mengalami batuk – batuk dan nafasnya sesak. Keluarga segera membawa beliau ke rumah sakit dan dokter pun langsung mendiagnosa bahwa almarhum mengidap sakit infeksi paru – paru.

3.Selalu Menolak di Rawat

Salah satu personel Sersan Prambors

Selalu menolak di rawat di rumah sakit adalah salah satu karakteristik dari Nana Krip. Krisna, sahabat Nana dan anggota Sersan Prambors, berkata bahwa Nana adalah orang yang selalu menolak jika diminta di rawat di rumah sakit ketika sedang direkomendasikan dokter untuk rawat inap.

namun, di detik – detik meninggal dunia, Nana sempat menjalani rawat inap di rumah sakit selama enam hari.

4. Dimakamkan Satu Liang Lahad dengan Kakak dan Adiknya

Makam Komedian Senior Nana Krip

Nana Krip meninggal dunia di usia ke 73 tahun. Jenazah pun dimakamkan di TPU Kemiri Rawamangun, Jakarta Timur dan satu liang lahad bersama kakak dan adiknya.

Salah satu alasan yang diungkapkan sang putra, M. Ali Akbar, adalah, “Ini mungkin karena sulit sekali menemukan liang lahad di Jakarta Ini”. Selain dimakamkan di satu liang lahad dengan adik dan kakaknya, jarak makam almarhum pun dekat dengan makam istrinya yang meninggal November tahun lalu.

5. Tidak Banyak Meninggalkan Pesan

Sempat melakukan Stand Up Comedy.
Gambar Sumber: YouTube Stand Up Comedy Metro TV

Semenjak kepergian sang istri, Nana Krip berubah menjadi sosok yang sangat pendiam hingga akhirnya ajal menjemputnya. Selama tiga bulan terakhir sebelum kepergian, Nana lebih banyak diam dan jarang sekali berkomunikasi dengan keluarganya termasuk anak – anaknya.

Sehingga tak banyak pesan yang ia tinggalkan untuk keluarganya. Namun usut punya usut, ketika di Tanya Ali, putra kedua Nana perihal mengapa terlihat murung dan lebih pendiam, almarhum mengungkapkan bahwa ayahnya merindukan sang istri. Ia pun tak memungkiri bahwa semakin menurunnya kondisi kesehatan sang ayah hingga meninggal dunia dipicu lantaran kesedihan mendalam karena sang istri telah pergi selama – lamanya.

Selain itu, melalui tabloidbintang.com, sebelum kepergian Nana, keluarga  mengaku sempat merasakan bahwa almarhum akan pergi selamanya. Salah satu anaknya sempat merasa seperti mencium aroma tubuh ayahnya sekelebat, namun tak berpikir jauh bahwa sang Ayah akan dipanggil sang ilahi. Kepergian Nana sangat membuat keempat anak – anaknya sangat terpukul lantaran ibu mereka pun meninggal sekitar empat bulan lalu.

Kini, setelah Nana berpulang, anggota Sersan Prambors pun hanya menyisakan dua anggota lainnya, yaitu Krisna, sahabat Nana, dan Muklis Gumilang.