5 Deretan Motor Koleksi yang Pernah Menemani Valentino Rossi di Sirkuit Balapan

17

Bagi pecinta MotoGP pasti tidak asing lagi dengan julukan the doctor, atau nama asli dia adalah Valentino Rossi. Pembalap ini merupakan pembalap senior yang berasal dari Itali dan telah mengikuti banyak sekali kejuaraan MotoGP.

Pembalap yang satu ini masih menjalani profesinya sebagai pembalap sampai sekarang. Jika ditelusuri ada beberapa motor yang pernah dipakai Valentine Rossi dan bahkan menjadi koleksi dia.

1. APRILIA RS125

Awal berkarir di dunia motorGP  pada tahun 1996. Rossi telah menggunakan Aprilia RS125. Motor ini merupakan motor yang paling bersejarah dalam  karir Rossi sebagai motor pertama yang dia gunakan dalam balap motorGP.

Pada saat itu juga, dia meraih juara dunia di kelas 125cc dengan meraih 11 podium dari 15 seri yang dia jalani di tahun 1997. Rossi bersama motor ini meraih juara pertama kalinya di Republik Ceska di Brno pada Agustus 1996. Pesaing dia saat itu asal Spanyol yaitu Jorge Martinez

2. APRILIA RS250

Pada tahun berikutnya yaitu 1995, Rossi bergabung dengan Aprilia Grand Prix Racing dengan menggunakan motor Aprilia RS250. Di saat itu juga, Rossi meraih gelar juara dunia di kelas 250cc. dia mendapatkan 309 poin dan memenangi 9 dari 16 seri yang diadakan.

Juara itu di dapat pada saat musim kedua bersama Aprilia. Pada musim pertama, Rossi hanya mendapat peringkat ke 2, dengan peringkat pertama yaitu Loris Capirossi sebagai rekan se-tim Rossi.

3. HONDA NSR500

Tak tanggung – tanggung, setelah sukses di kejuaran 250cc, Rossi pun naik ke ke kelas 500cc dengan tim Nastro Azzurro Honda asal pabrikan dari Jepang. Rossi tak mendapat gelar juara setelah hanya 2 kali naik podium di Inggris dan Brasil.

The doctor mendapat juara pada musim ke dua dengan meraih 325 poin dan memenangi 11 seri. Pada saat itu, pesaing ketat Rossi adalah Max Biaggi dari Yamaha. Keduanya dari Itali dan Rossi yang mendapat juara pertama pada musim kedua tersebut.

Pada musim berikutnya, Rossi bergabung dengan tim Repsol Honda dan dia menyabet gelar juara pertama di musim perdana. Dia langsung meraih gelar juara dunia pada tahun 2002 dengan mengumpulkan poin sebanyak 355 dan memenangi 11 seri.

Pada musim kedua, Rossi bertahan sebagai gelar juara dunia, pada saat itu dia berusia 37 tahun dan masih menggunakan motor RC211V

4. YAMAHA YZR-M1 800cc

Rossi bersama Repsol Honda selama tiga musim dan menyabet tiga gelar juara membuat Rossi untuk mencoba peruntungan baru dengan bergabung bersama Gauloises Fortuna Yamaha pada tahun 2004. Dia langsung meraih juara dengan memenangi 9 seri dan mengumpulkan 304 poin.

Dia menggunakan motor Yamaha YZR-MI 800cc. dia mendapatkan gelar juara dunia pada tahun 2004 dan 2005. Tapi sayangnya pada tahun 2006, Rossi gagal mempertahankan gelar juara dunianya. Dia kalah bersaing dengan Nicky Hayden

5. YAMAHA YZR-M1

Tahun 2006 merupakan tahun yang mengkhawatirkan bagi penggemar the doctor, dimana dia sering terjatuh saat mengikuti kejuaraan balap motor. Sehingga Nicky Hayden mampu memimpin.

Di Grand Prix Portugal, Rossi diyakini juara karena memuncaki klasemen, namun sayang pada babak akhir , Rossi gagal dan Hayden finish sebagai juara pertama.

Nah itu dia 5 koleksi legend motor yang menemani setiap balapan the Doctor Valentino Rossi. Semoga dapat menginspirasi.