5 Cara Unik Untuk Melestarikan Lingkungan Ini Patut Diacungi Jempol

14

Sebagaimana kita ketahui, kondisi bumi yang semakin memburuk membuat kita harus benar-benar memperhatikan segala tindakan yang kita lakukan. Tak hanya sekedar mencegah, ada banyak cara inovatif yang dilakukan beberapa negara dalam menjaga lingkungan seperti di bawah ini:

1. Koran Penumbuh Tanaman

Salah satu sampah terbesar di bumi adalah kertas. Meskipun dapat diuraikan oleh alam, namun tetap saja banyaknya sampah kertas membuat lingkungan tercemar. Seorang ilmuwan, Yoshinaka Oko ternyata berhasil membuat kertas yang dapat tumbuh menjadi tanaman.

Melihat keunikan dari ide sang ilmuwan, The Manichi Newspaper pun memproduksi koran yang dapat tumbuh menjadi tanaman indah. Caranya hanya dengan membakar kertas koran kemudian merawat bekas sisa pembakaran layaknya benih dan akhirnya bunga indah pun muncul.

Kreatif Untuk Selamatkan Bumi, 7 Cara Inovatif Ini Dilakukan Berbagai Negara

2. ATM Botol Plastik

Jika biasanya kita memasukkan kartu ATM terlebih dahulu untuk bisa menarik uang dari rekening, maka di Turki dan China telah ada mesin botol sampah yang dapat memberikan reward pada kartu subway. Hanya dengan memasukkan botol plastik atau aluminium ke dalam mesin, maka secara otomatis saldo subway akan bertambah.

3. Toko Tanpa Kantong

Beberapa toko kini mulai melakukan gerakan tanpa plastik. Mereka tidak lagi menyediakan kantong plastik atau kantong belanjaan untuk para pembeli. Jika ingin berbelanja di toko ini, maka pembeli harus membawa sendiri tas belanjaannya.

4. Peralatan Makan Dari Biji Alpukat

Jika banyak kafe atau restoran yang menggunakan peralatan makan dari plastik, maka tidak dengan beberapa resto di Meksiko. Mereka menggunakan peralatan makan yang dibuat dari biji alpukat.

Sebuah perusahaan peralatan makan berhasil mengolah biji alpukat menjadi peralatan makan yang aman bagi manusia dan lingkungan. Peralatan makan ini dapat diuraikan oleh alam hanya dalam beberapa tahun saja.

5. Maskara Daur Ulang

Jika kamu memiliki maskara yang tidak lagi digunakan, maka jangan cepat-cepat dibuang. Kamu dapat menyumbangkannya ke pusat penyelamatan hewan The New Arc di Skotlandia.

Disana, sikat maskara akan dibersihkan dan digunakan kembali untuk menyikat bulu-bulu hewan yang masih bayi. Selain membuat bulunya rapi, sikat maskara daur ulang ini akan mengusir tungau dari tubuh hewan tersebut.

Itulah inovasi yang dilakukan di beberapa negara yang sangat peduli lingkungan hidup. Kamu pun dapat melakukan banyak hal untuk ikut melestarikan lingkungan hidup.